.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Lebih Penting Suasana Kerja Ketimbang Gaji Dan Fasilitas


Ada sebuah kelompok pemuda yang brilian dan berbakat dalam sastra di University of Wisconsin. Mereka adalah calon penyair, penulis novel dan cerita. Kemampuan mereka di atas rata-rata. Mereka sering berkumpul untuk saling membaca karya masing-masing dan memberi kritik. Kritik yang diberikan sangat keras, tajam tanpa belas kasihan, sehingga mereka menamakan kelompok mereka “Stranglers” (Para Pencekik). Tidak mau ketinggalan, para perempuan sastrawan di universitas itu juga memulai sebuah kelompok yang mirip, dan menamakan dirinya “Wrangler.” Mereka juga saling membaca karya masing-masing dan mengkritik, bedanya kritikannya lebih lembut, positif, dan lebih banyak dorongan. Kadang tidak ada kritikan sama sekali, melainkan mendorong hal-hal yang nampaknya tidak terlalu berarti.

Setelah 20 th kemudian, seorang peneliti memetakan karir para alumnus. Ternyata ada perbedaan besar dalam hal pencapaian di bidang sastra antara para Stranglers dan Wranglers. Walaupun banyak pria brilian di Strangler, tidak ada satupun yang memiliki pencapaian yang mengesankan. Dari Wrangler, ada 6 penulis sukses, salah satu di antaranya dikenal secara nasional di Amerika, Marjorie K. Rawlings.

Perbedaannya ada di mana? Kepandaian? Kira-kira dua kelompok itu sama pandainya. Tingkatan pendidikan? Sama juga. Bedanya para Strangler saling mencekik sehingga menimbulkan pertarungan dan keraguan dalam diri tiap orang, sedangkan para Wrangler memberikan suasana yang mendukung tiap orang. Para Wranglers menekankan yang terbaik, bukan yang terburuk.
Ternyata suasana kerja, bukan gaji dan fasilitas, adalah faktor penentu performance dan kelanggengan karyawan. Kalau Anda ingin organisasi/perusahaan Anda menjadi kompetitif, salah satu syaratnya adalah ciptakan suasana kerja yang positif. Kalau Anda ingin keluarga yang bahagia, ubah kata-kata Anda. (EI).

Koreksi Memberi Banyak Hasil, Tetapi Dorongan Memberikan Lebih Banyak Lagi (Goethe)

Penulis : Esther Idayanti
Image : greatist.com

Bookmark Artikel Inspirasi Lainnya dapat dilihat di
-http://www.disiniajatempatnya.com/p/inspirasi-hidup.html