.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Kisah Inspirasi : Beginilah Arti Niat dalam Islam


Beberapa orang mengira kalau niat itu adalah perbuatan yang belum di lakukan, dan beberapa merasa tidak masalah dengan niat yang tidak di lakukan. Apakah menimbulkan perbuatan dosa atau tidak, tentu hanya Allah saja yang tahu.

Namun ternyata niat dalam Islam itu sudah di atur sebagai perbuatan yang akan di lakukan, meskipun belum melakukan dan tidak melakukan, niat seperti waktu start dalam perlombaan lari. Berikut adalah sebuah kisah yang menceritakan mengenai niat dalam islam.

Alkisah suatu hari hidup dua orang mengontrak dalam satu rumah, Kamil yang mengontrak di lantai 2, dan Doni yang mengontrak di lantai 1.

Kamil beragama islam yang taat, sedangkan Doni tidak beragama. Setiap hari Kamil memberikan ceramah pada Doni mengenai islam, dan mereka sering bertengkar karena Doni tidak percaya dengan agama.

Kamil terus mengingatkan Doni mengenai neraka yang akan di terima nya kalau Dia tidak beragama, dan Doni selalu membantah nya karena Dia tidak percaya pada neraka, menurutnya neraka hanyalah khayalan untuk menipu orang agar taat beribadah.

Doni pun sering mempertanyakan untuk apa beribadah, toh semua kenikmatan yang di dapat di surga bisa Dia dapatkan di dunia. Sedangkan Kamil sering mengingatkan bagaimana kalau neraka itu ada dan Dia akan masuk di dalam nya karena tidak beragama. Dan pertengkaran itu pun terus berlanjut tanpa mengenal waktu.
Suatu hari, di malam yang tenang, Doni dan Kamil yang berada di ruangan nya masing - masing itu berfikir dalam waktu yang sama.

Doni memikirkan ucapan Kamil mengenai neraka, dan Dia berfikir mungkin benar juga bagaimana kalau ada neraka di sana? Sedangkan Kamil memikirkan mengenai ucapan Doni, bahwa kesenangan yang di janjikan memang ada di dunia.

Kedua nya kemudian mengambil kesimpulan dalam waktu bersamaan, Doni dengan niat ingin mengetahui lebih dalam mengenai islam hendak menemui Kamil untuk bertanya. Sedangkan Kamil yang ingin merasakan kenikmatan duniawi pun memiliki pikiran untuk bertemu Doni.

Ketika kedua nya berada di tangga, Kamil terpelest dan mengenai Doni, kedua nya pun meninggal secara bersamaan.

Ketika di perbatasan antara surga dan neraka, mereka berdua menunggu giliran untuk di panggil. Kamil merasa senang karena ternyata surga dan neraka itu ada, sedangkan Doni merasa sedih karena Dia tidak percaya dengan surga dan neraka.

Ketika mereka berdua di panggil, malaikat kemudian memutuskan untuk mengirim Doni ke surga, sedangkan Kamil di kirim ke neraka.
Kamil pun kaget dan bertanya pada malaikat, mengapa Dia yang taat beragama bisa masuk neraka sedangkan Kamil yang tidak beragama bisa masuk ke surga.

Malaikat pun menjawab kalau saat sebelum kematian menjemput, Doni sudah memiliki niat untuk bertobat dan memeluk islam, sedangkan Kamil justru sebalik nya. Kamil pun hanya bisa menyesali mengapa Dia memiliki niat seperti itu.

Jadi begitulah arti niat pada islam, setiap niat meskipun belum terlaksana tapi merupakan awal dari sebuah perjalanan. Makanya jaga niat Anda sebelum terlambat.

“Sesungguhnya amalan itu tergantung niatnya dan seseorang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang ia niatkan” (HR Bukhari & Muslim)


Penulis : Fung