.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Enam Saran untuk Meningkatkan Quality Time Bersama Anak


Mainan mahal super canggih dengan banyak tombol dan lampu berkedap-kedip tidak berada di urutan teratas daftar keinginan anak. Yang anak butuhkan adalah sesuatu yang bahkan tidak berharga sepeser pun tetapi merupakan hal yang mungkin sangat sulit untuk dipenuhi dibanding apa yang bisa anda beli dengan kartu kredit — waktu anda.

Satu Hal Yang Anak Mau Dari OrangTua
"Quality time" adalah satu hal yang dibutuhkan untuk membahagiakan anak. Anak akan lebih bahagia dan puas dalam hidupnya saat mereka dapat berinteraksi dengan orangtua — walaupun itu hanya sekedar mengobrol, mendengarkan anak, atau hanya dengan melihat saja saat anak menunjukkan sesuatu untuk yang kesekian kalinya.

Sayangnya, walau pun murah, kita selalu kekurangan akan waktu. Di antara waktu yang panjang saat bekerja di kantor, pekerjaan rumah yang tiada kunjung selesai, dan juga daya pikat gangguan digital. Apa yang seharusnya merupakan hal yang termudah untuk diberikan, merupakan hal yang tersulit sekarang ini.

Berikut adalah beberapa saran praktis agar anda dapat memulainya, kapan pun anda mau.

1. Keluar dari Zona Nyaman Anda.
Sangat mudah untuk teralihkan saat anda meluangkan waktu di rumah, jadi pindah tempatnya. Anda bisa menghabiskan waktu dengan anak di taman. Kalau bisa, tinggalkan ponsel di rumah — atau disimpan saja dalam tas.

2. Libatkan Anak dalam Pekerjaan Rumah.
Misalkan menyiapkan daftar belanja bulanan. Minta anak untuk memeriksa isi kulkas, dan daftarkan apa saja yang dia lihat dan yang menurutnya tidak ada atau yang sudah hampir habis. Biarkan anak membantu anda menghitung berapa banyak jumlah apel yang harus dibeli untuk dikonsumsi dalam seminggu ini.

3. Mengerjakan Beberapa Keperluan Saat Jam Kerja.
Bisa saja anda mengaturnya, janji temu dokter, mengantar pakaian untuk di landry, atau mungkin berbelanja bulanan di saat jam makan siang anda. Dengan cara ini, anda dapat berbagi 'quality time' bersama dibanding sibuk mengajak anak naik turun mobil sepanjang sore menjelang malam.

4. Menerima "Cukup Baik" Saat Menyangkut Pekerjaan Rumah Tangga.
Ada memiliki jadwal tetap membersihkan dapur setiap selasa, tetapi saat ada intervensi dari anak yang membutuhkan bantuan anda, lakukan kemampuan terbaik  anda untuk menerima hasil bersih-bersih dapur yang 'tidak terlalu kinclong'

5. Lakukan Kegiatan Berbeda Di Ruangan yang Sama.
Walau pun anak anda sedang senang bermain sendiri, tidak ada salahnya untuk anda berada di ruangan yang sama. Anda dapat duduk santai membaca majalah saat mereka asik membuat menara dari balok — anda akan terkejut betapa bermaknanya keberadaan anda disana bagi anak.
6. Jadwalkan Waktu Khusus Untuk Keluarga.
Selipkan waktu sehari dalam seminggu untuk kegiatan khusus bersama keluarga, misalkan bermain monopoli. Anda dapat juga sebulan sekali mengunjungi museum atau tempat rekreasi apapun yang dipilih anak. Tetapkan waktu dan jangan pernah membatalkan atau mengatur ulang rencana tersebut.

Penulis : Susana
image : www.singlemomsplanet.com