.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Empat belas Hal yang Tidak Boleh Dikatakan Kepada Ibu Menyusui


Sebelum Anda bertanya atau mengatakan sesuatu mengenai kakak perempuan, teman baik, atau ibu yang sedang menyusui di pojok sana. Anda harus membaca empat belas hal ini agar tidak menyinggung para ibu di seluruh dunia.

1. Bayinya Sudah Kenyang Belum?
Banyak orang yang sering menanyakan hal seperti ini. Namun para ibu ternyata tidak mengetahui apakah bayi mereka sudah cukup makan atau tidak. Mereka hanya mengandalkan insting mereka, dan bayi tidak bisa memberitahukan apabila mereka sudah kenyang. Jadi para ibu hanya bisa mengandalkan intuisi mereka apakah bayi mereka sudah kenyang atau belum.
2. Apakah Bayinya Lapar lagi?
Sama seperti pertanyaan di atas, ketika bayi tidak bisa tidur, atau lidah nya seperti kehausan, maka ibu harus memberikan asi agar mereka bisa menjadi tenang. Jangan khawatir apabila takut bayi menjadi sakit karena minum asi berlebihan, karena hal itu tidak akan terjadi.

3. Menyusui Bisa Membuat Payudara Kendor!
Jangan percayai hal ini, cari dulu fakta nya dengan benar. Yang menyebabkan payudara menjadi kendor adalah kehamilan, bukan menyusui.

4. Apa Anda akan Merasa Lebih Nyaman Jika Ditutupi?
Pertanyaan ini merupakan yang terburuk, karena ini bukan lah pertanyaan melainkan pernyataan bahwa mereka akan merasa lebih baik jika kegiatan menyusui Anda lebih tertutup. Hanya saja prioritas seorang ibu adalah bayi nya, bukan orang lain atau keluarga. Selain itu seorang ibu juga memiliki hak untuk menyusui di manapun, dan banyak negara memiliki hukum mengenai hal ini.

Apabila Anda tidak ingin melihat seorang ibu menyusui, masa saran sederhana adalah untuk tidak melihat.

5. Anda Tidak Menyusui dan Anak-anak Anda Baik - baik saja
Tidak masalah. Tapi ketika ibu ingin menyusui, tidak ada hubungan nya dengan bagaimana Anda memberi makan bayi Anda. Ini semua hanyalah mengenai pilihan saja.

6. Kayaknya Umur Anak Sudah Tidak Perlu menyusui deh?
Urusan mengenai berapa lama seorang anak menyusui pada ibu nya bukan lah urusan orang lain. Hanya karena beberapa orang merasa tidak nyaman dengan waktu menyusui yang lebih lama, bukan berarti hal tersebut salah.

Fakta nya sebuah akademi mengatakan bahwa seorang ibu boleh menyusui bayi nya selama sang bayi dan ibu tersebut tidak memiliki masalah. Tidak ada aturan yang mengatakan selama mertua, teman, orang lain tidak memiliki masalah.

7. Bertanggung jawab dan Menikmati Saat Memberi Makan Bayi
Tidak salah kalau menyusui adalah sebuah tanggung jawab ekslusif bagi ibu, namun hal ini bisa membuat mereka merasa lelah. Para ibu tau mengenai susu formula atau pompa asi, namun mengatakan bahwa mereka harus bertanggung jawab dan menikmati memberi makan bayi mereka hanyalah membuat kesal.

8. Wow! Payudaramu Besar Sekali!
Semua ibu lebih menyukai kalau Anda memuji bahwa mereka terlihat hebat. Ketika mereka menyusui di rumah, mungkin Anda ingin menyanjung nya, tapi kebanyakan ibu lebih ingin agar tidak hanya fokus pada pembuat susu mereka.

9. Kalau Sudah Minum Susu Lewat Botol, Bayi Tidak akan Menyusui Lewat Payudara Lagi
Ini adalah 100 persen hoax. Banyak wanita yang memberi makan bayi mereka lewat payudara dan botol. Tidak ada aturan yang menyebutkan saat memberi susu asi mereka harus terus memberi nya. Ibu bisa mengenalkan susu botol saat bayi sudah mencapai umur satu bulan.

10. Apakah Suami Sudah Mencoba Asinya?
Tolong jangan membayangkan hal kotor mengenai asi dari seorang ibu. Bila ada yang ingin mencicipi asi mereka, tentu mereka sudah mengetahui pada siapa akan di beri, terutama saat pertama kali memeluk bayi mereka.

11. Susu Botol Bisa Buat Bayi Tertidur Lelap
Kenyataan nya tidak masalah apabila seorang ibu memberi asi atau susu botol, hal tersebut tidak mempengaruhi waktu tidur bayi. Bagi para ibu yang baru memiliki bayi mungkin mempercayai hal ini karena mereka merasa lelah setelah menyusui.

12. Kalau Susah Menyusui, Berikan Saja Susu Formula
Mereka yang memberikan saran seperti ini bisa saja berniat baik. Mereka melihat seorang ibu merasa letih atau bingung mengurus anak pertama mereka. Mereka hanya ingin agar ibu bisa lebih santai. Hanya saja memberikan saran ini sama sekali tidak membantu, Ibu ingin menyusui bayi mereka, jadi daripada Anda menyarankan hal seperti itu, akan lebih baik kalau Anda bertanya apa yang bisa Anda bantu.
13. Bayi kan Jadi Manja Kalau Dituruti Waktu Menyusui
Kenyataan nya adalah, Anda tidak memanjakan bayi. Beberapa bayi baru lahir terkadang menyusui setiap 1.5 jam, beberapa sampai 3 jam. Adalah hal yang normal bagi bayi untuk menyusui 8 atau 12 kali selama kurun waktu 24 jam. Manja? Tidak. Mengasuh? Ya.

14. Udah Tidak Disusui?
Er, bukan urusan Anda kan untuk tau apa ibu sudah berhenti menyusui atau tidak?


Penulis : Susana Young