.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Delapan Tips untuk Berkomunikasi Lebih Baik Dalam Hubungan


Berkomunikasi adalah kunci nya. Begitulah yang sering di ucapkan setiap orang setidak nya sekali dalam hidup nya. Jadi ketika berkomunikasi adalah kunci nya, di mana Anda bisa mendapatkan kunci ini? Terkadang kita merasa sudah kehilangan kunci tersebut.

Semua orang yang sudah pernah memiliki hubungan pasti memiliki kesulitan dalam berkomunikasi. Mulai dari pertemanan, hubungan keluarga, hubungan romantis, hingga hubungan kerja. Dan semua hubungan ini ada dalam kehidupan Anda sehari - hari. Jadi selain Anda bisa belajar berkomunikasi dengan baik, Anda juga bisa mengetahui apa yang di butuhkan orang lain, dan apa yang di butuhkan oleh diri sendiri.

Berikut adalah delapan tips yang bisa membantu Anda agar tidak kehilangan kunci tersebut.

1. Ketahui Bahwa Pasangan Anda Tidak Mampu Membaca Pikiran Anda
Terkecuali pasangan Anda memiliki kekuatan gaib, ada kemungkinan besar Dia tidak akan mampu membaca apa yang ada pada pikiran Anda. Anda mungkin merasa sudah memberikan banyak petunjuk di mana seharus nya Dia sudah mengerti, namun jika Anda tidak mengucapkan nya, pasangan Anda tidak akan mengerti.

Berhenti berpikir betapa kesal nya Anda dan mulai untuk memberitahukannya melalui kata - kata.
2. Bicarakan Secara Langsung
Untuk setiap masalah sudah seharus nya di bicarakan secara langsung. Memang teramat mudah untuk mengatakan nya lewat pesan singkat, namun cara tersebut bisa menimbulkan kesalahpahaman. Ketika Anda mengatakan nya lewat pesan singkat, bisa saja terjadi ada nya miskomunikasi.

Pasangan Anda tidak bisa mendengar nada dari ucapan Anda, atau melihat ekspresi tubuh Anda. Dan Anda serta pasangan Anda akan saling tidak mengerti. Untuk itu, setiap masalah besar harus di lakukan percakapan langsung dari muka ke muka.

3. Katakan dengan Jujur
Anda tidak bisa terus memiliki hubungan yang rapuh dan tidak mampu mengatakan perasaan yang Anda rasakan. Anda perlu untuk terbuka dengan hati dan kata - kata Anda. Terkadang kejujuran itu tidak enak untuk di dengar, namun merupakan suatu hal yang penting dalam hubungan yang sehat.

4. Aktif Mendengarkan
Ada mendengarkan dan ada juga aktif mendengarkan. Aktif mendengarkan berarti memberitahukan pasangan Anda kalau Anda mendengarkan 100% dan mendengarkan apa yang mereka katakan. Mendengarkan seperti ini melibatkan kontak mata, mengulang apa yang Anda dengar, dan perhatian yang Anda berikan.

Melihat telepon ketika pacar Anda berbicara bukan lah aktif mendengarkan.

5. Metode Sandwich
Metode sandwich bisa di gunakan untuk memberitahukan sesuatu pada pasangan Anda, biasa nya yang sulit bagi mereka dengar, namun Anda menutupi nya seperti sandwich dengan hal positif.

6. Ubah Cara Pengucapan dari Posisi Anda
Daripada menyerang pasangan Anda dengan pengucapaan kata Dia, akan lebih baik kalau Anda menurunkan pembelaan Anda dan biarkan pasangan Anda mengetahui apa yang sedang Anda rasakan. Jadi daripada Anda mengatakan hal seperti "Kamu tidak pernah membantu di rumah", akan lebih baik jika Anda mengatakan "Aku merasa kesal ketika kamu tidak membantu di sekitar rumah".

Itu terdengar tidak terlalu menuduh dan lebih mudah untuk menarik simpati.

7. Pahami Bahasa Tubuh
Ketahui mengenai tubuh Anda, terutama bahasa tubuh. Ketika berkomunikasi, Anda juga harus memperhatikan tubuh Anda apakah sedang mengatakan sesuatu. Bisa saja berupa gerakan seperti mata berputar, atau tangan terlipat, namun itu semua bisa mengatakan hal yang sedang terjadi. Pastikan kalau gerakan tubuh Anda cocok dengan ucapan Anda.
8. Berkomunikasi Melalui Tindakan
Penting untuk mengetahui kalau komunikasi yang Anda lakukan tidak hanya melalui ucapan, namun juga melalui tindakan. Seperti kata orang banyak, tindakan lebih baik daripada hanya ucapan.

Anda perlu untuk berkomunikasi mengenai cinta Anda kepada pasangan melalui cara lain daripada sekedar bicara. Tunjukkan bahwa Anda peduli pada nya. Ucapan tidak memiliki banyak arti, kalau tidak bisa di buktikan.

Penulis : Susana Young
image : ftajax.com