.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Jangan Katakan 18 hal ini Kepada Anak yang Orangtuanya Bercerai


Perceraian adalah hal yang tidak menyenangkan, terutama sebagai anak yang menjadi korban dari perceraian dalam sebuah pernikahan. Tidak memiliki waktu dengan salah satu orang tua adalah hal negatif dalam pertumbuhan mereka, menurut penelitian anak yang orang tua nya bercerai cenderung untuk mengalami nya di masa yang akan datang.

Memang, tidak ada yang bisa di lakukan ketika orang tua sudah memutuskan untuk bercerai, selain untuk berkomitmen menjaga anak agar bisa tetap mendapat kasih sayang yang sama. Namun terkadang orang sering menanyakan 18 hal yang sebenar nya membuat anak sering merasa tidak nyaman.

1. "Enak yah bisa dapet dua hadiah untuk setiap acara?", Dapetin dua hadiah mungkin terlihat menyenangkan bagi beberapa orang, namun memiliki orang tua yang tinggal terpisah itu sangat merepotkan. Belum lagi semua drama yang ada, dan saat liburan tiba yang bikin bingung mau tinggal di rumah yang mana.

2. "Coba orang tua ku bercerai", Jangan ngomong kayak gitu. Anda mungkin merasa kesal karena orang tua sering sekali bertengkar, dan itu bisa di mengerti, tapi jangan pernah bicara seperti itu. Mengharapkan hal seperti itu hanya menandakan Anda tidak memiliki empati.

3. "Kamu pasti sudah tidak bisa percaya pada orang lain kan?", Siapa Anda yang berani mengatakan hal seperti itu? Terkecuali Anda adalah psikiater ku, Anda tidak berhak sama sekali menilai apakah seseorang memiliki masalah emosional.

4. "Kamu pasti tidak suka memiliki hubungan kan". Bicara seperti ini membuat Anda terlihat seperti orang brengsek yang tidak bisa memulai percakapan dengan benar, hindari!
5. "Aneh ga sih punya saudara tiri?", Kalau memang terasa aneh ketika memiliki saudara tiri, jangan khawatir pasti Anda akan di beritahu, ya itu kalau misal Dia memang percaya untuk membahas nya dengan Anda. Tapi jika tidak, maka Anda tidak berhak untuk menanyakan atau mengatakan kalau saudara tiri mereka aneh.

6. "Kamu berpihak ke Ayah atau Ibu?". Perceraian bukan seperti permainan, Anda tidak bisa mengatakan bahwa Dia harus memilih salah satu tim, dan jika pun Dia memilih salah satu nya, apa yang membuat Anda merasa berhak untuk menanyakan hal tersebut?

7. "Apa mereka akan bersatu kembali?", Tentu saja, dan untuk berjaga - jaga apabila mereka tidak bersatu kembali setelah melalui proses perceraian yang panjang dan menyakitkan, mereka akan terus sibuk dengan Kami hingga mereka mau bersatu kembali.

8. "Kedengaran nya sulit. Untung orang tua ku masih bersama." Terima kasih sekali atas ucapan yang sangat tidak sensitif tersebut.

9. "Rasanya pasti canggung yah melihat lelaki menginap di rumah ibu mu?". Yup, perceraian adalah satu - satu nya cara agar ibu ku bisa melakukan nya. Dan, bukankah itu terasa aneh ketika melihat ayah mu tidur dengan ibu mu?

10. "Wow, padahal umur mereka terpisah jauh", ketika salah satu dari orang tua menikah dengan pasangan yang lebih muda, Anda mungkin tidak perlu mengingatkan hal tersebut, karena mereka pasti sudah bisa menghitung nya sendiri dan hanya bisa canggung saat Anda mengatakan nya.

11. "Itu kan sudah lama sekali berlalu, pasti sekarang semua nya sudah baik-baik saja." Perceraian tidak sama seperti tangan patah. Mereka masih tetap orang tua, dan mereka masih tetap bercerai. Memang semua nya bisa di sembuhkan dengan sendiri nya, namun hal itu akan memakan waktu yang sangat lama sekali.

12. "Siapa yang akan mendampingi pernikahan mu?" Anda pasti orang yang sangat kepo sekali apabila Anda berfikir bahwa hal ini layak untuk di tanyakan.

13. "Apa kamu akan mengundang kedua nya ke acara?" Kenapa sih Anda jadi kepo banget? Inikan bukan acara Anda. Jangan membuat Dia untuk memikirkan hal yang belum terjadi.

14. "Broken Home". Bertanya atau mengatakan hal mengenai "broken home", memang nya di tahun 2016 ini masih ada keluarga yang harus jadi panutan mengenai "broken home"?

15. "Yah, banyak orang tua yang bercerai saat ini" Sama hal nya dengan mengatakan "Kedengaran nya sih berat, tapi bukan berarti cuma kamu yang mengalami rasa sakit ini atau merasa istimewa, jadi tolong deh, move on!"
16. "Setidak nya mereka masih hidup kan?" Hidup itu tidak hanya sekedar masih hidup, tidak bisa suatu masalah di kategorikan dan di buat perbandingan serta di beri rangking kesulitan hidup.

17. "Siapa yang menurutmu akan menikah duluan?" Tidak pernah terpikirkan siapa yang akan menikah duluan. Dan biarpun tahu, ini bukanlah jenis percakapan yang patut untuk di bicarakan.

18. "Pasti Ayah mu bermasalah!" Mungkin Anda perlu untuk mulai lari karena Dia sedang mencari pemukul kayu.


Penulis : Susana Young