.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Sepuluh Tanda Bayi Menyukai Anda


Memiliki bayi adalah anugerah terbesar diberikan Tuhan kepada kita. Anda selalu bertanya-tanya apakah semua canda tawa, lagu pengantar tidur, pelukan, dan perhatian yang tiap hari Anda berikan kepada si buah Hati Anda bener-bener dihargai?  Bayi pasti belum dapat berkata. Tetapi jika Anda membaca apa yang tersirat, Anda akan melihat beberapa tanda yang cukup kuat bahwa bayi menyukai Anda (sebenarnya, mencintai Anda) dan berpikir Anda melakukannya dengan baik.

Tanda #1: Kontak Mata
Anda tahu saat-saat ketika bayi menatap jauh ke dalam mata Anda. Itu pertanda bayi tertarik kepada Anda, dan mencoba untuk mengenal Anda lebih baik.

Bayi yang baru lahir tidak memiliki penglihatan yang sangat baik. Tapi bayi akan mengarah ke arah wajah Anda, dan ketika Anda menahan mereka, mereka bisa melihat bentuk wajah Anda kemudian melihat mata dan hidung dan mulut.

Bayi bahkan akan mencoba untuk mengikuti ekspresi wajah Anda. Jika Anda bertatapan dengan bayi, coba julurkan lidah Anda. Bisa jadi dia akan melakukannya juga, dan semua itu membantu bayi merasa dekat dengan Anda.

Tanda #2: Berpaling Ke Arah Anda
Tahukah Anda kalau bayi sudah dapat mendengar sejak berusia 20 minggu di masa kehamilan? Dan detak jantung bayi yang belum lahir melambat saat mendengar suara bundanya. Bahkan sebelum lahir pun, bayi merasa suara bunda menenangkan dan ia lebih menyukai suara bunda dibanding siapa pun di dunia.
Karena itulah bayi akan berpaling kepada suara yang dikenalnya. Walaupun saat itu ia sedang digendong oleh orang lain, ia akan memalingkan kepala ke arah Anda. Ia tahu kalau bunda adalah orang yang akan selalu ada disana untuknya, dan palingan kepala itulah buktinya.
Tanda #3: Membuka Mulutnya
Bagi bayi bau tubuh bunda itu menyenangkan (sungguh, bahkan saat anda belum mandi). Ada sebuah penelitian yang menunjukkan kalau bayi dapat mengidentifikasi bau tubuh bundanya, saat ia mencium bantalan air susu yang mengandung asi ibunya, ia akan membuka mulutnya. Bau tubuh bunda sangat menenangkan dan membuat nyaman bayi.

Tanda #4: Merasa Nyaman Di Gendongan
Bunda memiliki kemampuan yang unik untuk menenangkan bayi. Dan Anda pasti tahu apakah bayi merasa rileks berada di gendongan Anda. Jika di lain waktu, bayi tidak segera tenang di gendongan, dan rewel, bukan berarti bayi membenci Anda—itu hanya karena Anda belum tahu apa yang dia butuhkan atau dia mau. Beri waktu untuk diri Anda sendiri. Mempelajari apa yang dapat menenangkan bayi adalah sebuah proses coba dan gagal. Anda akan melakukannya dengan benar, dan percaya atau tidak, bayi pun menyukai usaha Anda.

Tanda #5: Senyum
Suatu waktu diantara usia 6 minggu dan 3 bulan, bayi akan melihat anda dan tersenyum lebar yang pasti akan membuat hati Anda berbunga-bunga. Para dokter menamakan itu sejenis "senyum sosial" dan menggambarkannya sebagai sebuah reaksi atau cara untuk mendapatkan reaksi. Dengan kata lain adalah, bayi mencoba untuk berinteraksi dengan Anda. Balaslah tersenyum dan Anda akan membangun sebuah hubungan yang kuat dengan bayi Anda.

Tanda #6: Mengoceh
Segera setelah 'senyum sosial' bayi—biasanya sekitar usia 2 bulan—bayi mulai mencoba berbicara kepada Anda. Bukan jenis pembicaraan yang Anda nikmati dengan teman, tapi pastinya akan membuat Anda bahagia. Celotehan dan ocehannya cuma berupa suara tidak jelas yang apabila anda balas dengan suara yang sama, kalian sudah memulai sebuah "percakapan."
Saat bayi berinteraksi secara verbal dengan Anda, ia melatih kemampuan berbicaranya dengan mendengar dan mengikuti ucapan Anda, itu juga salah satu cara untuk menunjukkan betapa ia menyayangi Anda.
Tanda #7: Ceria Saat Melihat Anda
Sekitar usia 6 bulan atau lebih, bayi dapat memberitahu Anda perbedaan antara orang yang baik dengan orang yang paling menyenangkan di dunia (Anda dan pasangan). Bayi bisa saja senang digendong teman Anda, tapi saat ia melihat Anda masuk ke ruangan, ia akan bergoyang kegirangan. Yang terjadi adalah bayi mendiskriminasikan sosok yang sangat familiar dihidupnya dengan sosok yang baik tetapi biasa-biasa saja. Dengan kata lain, bayi sangat sayang pada Anda. Dia mungkin saja menyukai orang lain, tapi tidak ada yang lebih spesial dibandingkan ayah dan bunda—lihat saja dimatanya.

Tanda #8: Tawa
Tidak ada yang lebih menyenangkan dibanding tawa geli bayi. Saat bayi tertawa geli—sebagai respon atas sesuatu yang Anda lakukan—itu bisa saja jadi salah satu suara favorit Anda. Tentu saja, orang lain dapat membuat bayi tertawa. Tapi tidak ada yang tahu pasti tentang bagaimana bayi Anda senang digelitik di perutnya, atau saat Anda meniup wajahnya akan tertawa keras. Bayi akan tahu Anda tahu apa yang ia suka, dan mungkin akan mulai tertawa sebagai antisipasi sentuhan atau gerakan Anda. Anda dan bayi terhubung satu sama lain.
Tanda #9: Tidak Suka Berpisah
Yang satu ini tidak menyenangkan. Suatu waktu saat usia bayi di antara 9 bulan dan 1 tahun, kebanyakan bayi akan mulai menangis saat mereka ditinggal dengan babysitter (walaupun nenek adalah babysitternya.) Berat rasanya mendengar bayi menangis, mengetahui bahwa air mata itu pastinya sebagai tanda cinta. Bayi menyadari Anda menyayanginya, dan untuk sementara waktu, dia khawatir anda tidak akan pernah kembali lagi. (Cobalah untuk tidak merasa bersalah—dan biarkan bayi belajar bahwa Anda pasti kembali.) Bayi menangis sebagai tanda pentingnya Anda dalam hidupnya. Sangat spesialnya diri Anda sampai ia tidak dapat membayangkan hidup tanpa Anda. (Dan yakinlah kalau ia akan tenang kembali beberapa saat setelah Anda pergi.)

Tanda #10: Memeriksa
Saat bayi mulai merangkak, ia seperti terlihat dimana-mana. Tapi apakah Anda perhatikan seberapa sering ia kembali ke samping Anda? Atau bayi melihat Anda untuk memastikan kalau ia tidak berada di situasi yang tidak dikenalnya? Apa yang terlihat sebagai rasa tidak aman itu sebenarnya merupakan pendekatan yang sehat, sesuatu yang normal. Anak akan mulai berani keluar dan membangun kemandiriannya sedikit demi sedikit, tapi selalu memeriksa kalau ayah dan bunda ada didekatnya untuk menjaga keselamatan dan keamanannya.

Anak Siap Mengeksplorasi Dunia, Tetapi Ia Butuh Untuk Mengetahui Anda di Dekatnya Jika Sewaktu-waktu Ia Perlu Pelukan dan Ciuman. Bukankah itu Cinta???

Penulis : Susana

Bookmark Artikel Inspirasi Lainnya dapat dilihat di
-http://www.disiniajatempatnya.com/p/inspirasi-hidup.html