.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Pentingnya Etika Dalam Suatu Pekerjaan


Pekerjaan saya termasuk mengedit tulisan: mengganti kata dan tulisan, bila perlu menghapus beberapa bagian. Pekerjaan Kathy Niakan mirip pekerjaan saya, bedanya dia mengedit "human genome" alias DNA manusia pada embrio!

Kathy mengadakan percobaan mengutak-atik DNA embrio manusia, dengan harapan bisa mengkoreksi mutasi yang dianggap nantinya akan muncul menjadi penyakit mematikan. Cara ini diharapkan bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti alzheimer dll. Dengan teknik mengedit embrio ini, di masa mendatang manusia bisa memesan anak sesuai keinginannya: hidung mancung, rambut pirang, kepandaian di atas rata-rata, dll. Setelah dibuat percobaan oleh Kathy, embrio-embrio itu (janin tahap awal) dihancurkan.

Secara ilmiah, beberapa ilmuwan masih meragukan keberhasilan DNA editing ini, karena perubahan bersifat permanen dan akan diturunkan pada generasi-generasi berikutnya. Selain itu, tak seorang pun tahu dampaknya ke bagian DNA yang lain, dan apa dampaknya pada masa depan. Namun demikian, DNA editing ini mungkin terjadi di masa mendatang.

Tujuannya kelihatannya mulia, yaitu untuk menghilangkan kelemahan dan penyakit. Tapi berarti manusia bisa menciptakan "orang" sesuai keinginan, lalu menentukan orang macam apa yang boleh ada di dunia dan mana yang tidak. Lalu hilanglah penerimaan dan cinta tak bersyarat. Apa jadinya bila sudah pesan anak hidung mancung dan IQ tinggi, ternyata editing kurang berhasil? Orangtua sudah menetapkan syarat sebelum anak dilahirkan. Anak-anak adalah “hadiah” dari Tuhan, bukan sebuah “produk” yang dimanipulasi.
Selain itu, tentunya penelitian ini membutuhkan jutaan embrio (janin) yang dihancurkan, bahkan bayi diaborsi bila ternyata dalam perkembangannya tidak berhasil. Secara moral cara ini tidak bisa dipertanggung jawabkan walaupun tujuannya mulia. Tidak semua hal yang “bisa” kita kerjakan, “boleh” dilakukan (EI).

Etika Adalah Mengetahui Bedanya Apa Yang Anda Berhak Lakukan Dan Apa Yang Benar Untuk Dilakukan

Penulis : Esther Idayanti



Bookmark Artikel Inspirasi Lainnya dapat dilihat di
-http://www.disiniajatempatnya.com/p/inspirasi-hidup.html