.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Inilah Sembilan Tanda Anda Mengalami Hal yang Lebih Buruk dari Stress


Tidak ada seorang pun di dunia ini yang sempurna. Dan stress yang sering hadir bisa membuat semua orang untuk bersikap tidak menyenangkan. Tetapi bagi beberapa orang terkadang bisa lebih dari sekedar kecemasan dalam keseharian nya.

Penelitian menuliskan bahwa satu dari lima orang hidup dengan rasa stress, yang membuat kehidupan mereka berantakan, mulai dari hubungan, karir, hingga masalah kesehatan yang susah di atasi. Terkadang juga bisa mengakibatkan depresi, gelisah, suasana hati atau kepribadian ganda, selain itu juga bisa mengakibatkan gangguan yang mengakibatkan obsesif, gangguan makan, dan rasa kecanduan.

Kebanyakan mereka yang berumur lebih dari 24 mudah untuk terkena hal tersebut. Tapi apabila Anda bisa mendeteksi gejala awal nya, maka ada kemungkinan Anda untuk bisa mencegah nya.
Apabila Anda merasa gelisah karena takut terkena sesuatu yang lebih buruk dari stress, maka cek 9 tanda berikut untuk mendeteksi gejala awalnya.

1. Jam Tidur Jadi Tidak Teratur

Kesulitan untuk bisa tidur atau waktu tidur lebih panjang bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres pada kesehatan jiwa Anda. Menurut spesialis, tidur adalah salah satu fungsi yang di perlukan bagi tubuh, dan fungsi tersebut bisa menentukan apakah ada masalah dengan pikiran dan tubuh Anda.

Terkadang susah tidur atau susah bangun adalah hal yang wajar, namun apabila hal ini terjadi terus menerus, atau Anda tidak bisa tidur tanpa minuman beralkohol atau obat tidur, atau Anda sulit bangun setiap hari, maka tubuh Anda sedang memberitahukan bahwa ada sesuatu yang tidak beres.

2. Tidak lagi Menikmati Setiap hal Seperti Dulu

Salah satu tanda Anda mengalami depresi atau kecemasan berlebihan adalah ketika Anda tidak lagi menikmati semua pekerjaan yang Anda sukai. Hal ini juga berlaku ketika Anda tidak lagi merasakan hal apapun saat bersama orang lain.

3. Jadi lebih Gampang Marah

Anda jadi mudah tersinggung, dan jadi lebih sering melihat orang yang Anda kenal dari sisi jelek mereka, juga lebih sering memarahi pasangan, teman, keluarga, atau rekan kerja Anda. Bukan berarti manusia sudah menjadi 100% hal buruk, melainkan bisa saja ada suatu alasan mengapa Anda berfikir seperti itu.

Tentu saja terkadang hal ini bisa terjadi misalkan saat sedang mabuk atau ada beberapa orang yang memang menjengkelkan kelakuan nya, tapi apabila Anda makan dan tidur cukup, dan tidak dalam keadaan mabuk namun merasa jadi lebih gampang marah. Maka besar kemungkinan sedang ada masalah pada pikiran atau suasana hati Anda.

4. Sering Terbawa Pikiran Mengenai Setiap Masalah

Masih memikirkan apa yang di katakan orang lain bulan lalu? Takut kalau Anda adalah penyebab orang lain sedih atau frustasi? Merasa bahwa Anda memiliki kegagalan dalam suatu bidang? Jika perasaan seperti ini terus terbawa dalam kehidupan harian Anda, maka ini bisa menjadi tanda yang serius.

Terlalu banyak pikiran negatif dalam setiap hal, atau merasa takut setiap hal yang di lakukan adalah salah, merupakan tanda bahwa Anda perlu untuk berkonsultasi dan mencari bantuan.

5. Merasa Tidak Bertenaga

Anda merasa capek, lelah, dan tidak bisa berfikir atau bekerja cepat seperti dulu biasanya terkait dengan masalah suasana hati seperti depresi, cemas, atau masalah perasaan seperti malas.

6. Susah untuk Berkonsentrasi

Sering merasa lupa akhir-akhir ini? Merasa susah untuk konsentrasi saat bicara atau rapat di kantor? Lebih sering bengong? ketika Anda menjadi susah untuk berkonsentrasi menandakan bahwa pikiran Anda sedang tidak berada di tempat tersebut.
7. Masalah dengan Makanan

Anda menjadi tidak bernafsu saat makan, atau yang Anda makan jadi lebih banyak dari biasanya. Salah satu tanda Anda mengalami depresi adalah kurang nafsu makan, yang pada akhir nya bisa menurunkan berat badan secara drastis dan berpengaruh pada kesehatan Anda.

Selain itu memiliki banyak masalah pada pikiran bisa membuat Anda untuk lari pada makanan seperti kue yang manis, atau makan lebih banyak, yang pada akhir nya bisa membuat Anda mengalami berbagai masalah seperti obesitas atau ketidakseimbangan gizi.

8. Tidak Bisa Tenang

Anda merasakan perlu untuk mengisi setiap waktu kosong dengan kegiatan yang bermanfaat. Tekanan untuk mengisi setiap waktu Anda dengan aktifitas terus menerus menandakan ada sesuatu yang sedang Anda hindari dari sekedar masalah pada pikiran.

9. Mulai Mempertanyakan Setiap Hal yang Dilakukan

Mulai mempertanyakan apakah hidup Anda berarti, atau menanyakan apa tujuan dari setiap hal yang di lakukan, atau merasa tidak lagi tertarik pada suatu hubungan atau kegiatan, merupakan tanda bahwa ada suatu hal yang tidak beres.

Apa yang kemudian perlu di lakukan ketika Anda mengalami tanda - tanda tersebut?

Langkah pertama : Jangan panik, ketika Anda merasa mengalami beberapa tanda di atas, bukan berarti Anda sudah gila atau tidak tertolong lagi. Hanya dokter yang bisa menentukan apakah Anda mengalami gangguan mental atau tidak, dan jika memang terganggu Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa hal yang bisa di lakukan untuk mengobati hal tersebut.
Langkah kedua : Minta dukungan pada orang - orang yang Anda yakin bisa membantu Anda. Hal ini teramat penting untuk membangun kembali kesehatan kejiwaan Anda. Selain dukungan dari orang terdekat Anda, coba untuk mencari dukungan dari orang yang mengalami hal yang sama dalam sebuah kelompok atau profesional.

Langkah ketiga : Coba untuk tidak melakukan lagi kebiasaan buruk yang bisa menganggu kejiwaan Anda, seperti minuman berakohol, merokok, kopi, atau mengurangi atau menambah waktu tidur, selain itu gizi pada makanan harus lebih di perhatikan.

Penulis : Susana Young