.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Hati Hati Untuk Dua Hal Dari Tukang Komplain


Saya sangat menghargai tukang sampah karena mereka membuat lingkungan kita bersih. Tetapi ada jenis pemungut sampah yang justru bikin suasana menjadi keruh, yaitu orang yang mengumpulkan kebusukan orang-orang lain lalu menceritakannya ke mana-mana. Ia komplain tentang kantornya, atasannya, temannya, tetangganya, pemerintah dan seluruh dunia, termasuk kita.

Hati-Hati Menjawab
Kalau Anda salah menjawab, bisa-bisa Anda dianggap setuju, lalu ia menggunakan nama Anda untuk meyakinkan orang lain. Contoh jawaban yang salah, “Ya.” Atau “Orang itu memang begitu.” Bahasa tubuh Anda bisa berkesan menyetujui: mengangguk sambil tersenyum. Jawab saja, “Oh” atau “Masa ya?” atau “Menurut saya tidak demikian.” Kalau Anda tidak bisa dipengaruhi, biasanya ia akan mencari korban lain. Kalau Anda terpaksa harus mendengarkan karena Anda atasannya, maka keluarkan kertas dan pen untuk mencatat, lalu Anda berkata “Baik, apa lagi?” “Lalu apa lagi?” untuk mendorongnya cepat beralih topik dan berhenti.

Hati-Hati Terpengaruh
Bagi tukang komplain, tidak ada hal yang baik. Kalaupun suatu hal ternyata berjalan baik, ia dapat menemukan satu kutu untuk dibesar-besarkan. Kalau Anda tidak hati-hati, Anda bisa patah semangat, apalagi kalau Anda yang dikritik. Anda bisa terpengaruh dan percaya bahwa dunia ini kelam, suram, tanpa harapan. Sadari bahwa orang ini “tukang pungut sampah”, begitu dia pergi dari Anda, buang sampah-sampah itu dari pikiran dan hati Anda. 
Kebanyakan tukang komplain tidak puas dengan hidupnya, atau melihat hidupnya penuh masalah. Komplain sudah menjadi identitas mereka. Jadi ketika komplain, sebenarnya mereka tidak mencari penyelesaian. Jadi percuma saja Anda berusaha membantu, dan jangan berharap orang macam ini bisa berubah. Terima saja dan jangan terpengaruh (Esther Idayanti)

Anda Bisa Menjadi Tukang Komplain, Atau Seseorang yang Berprestasi, Tetapi Anda Tidak Bisa Menjadi Keduanya (Robin Sharma)

Penulis : Esther Idayanti


Bookmark Artikel Inspirasi Lainnya dapat dilihat di
-http://www.disiniajatempatnya.com/p/inspirasi-hidup.html