.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Empat Cara Mengerjakan PR Menjadi Lebih Menyenangkan Untuk Anak



Bagi semua, mengerjakan PR bisa jadi hal yang membosankan untuk dilakukan. Namun semua bisa di ubah agar menjadi semakin menyenangkan bagi anak - anak terutama jika mereka adalah murid Anda.

Semua orang tua tentu berharap agar anak mereka menjadi pintar, tapi mereka juga tahu kalau pelajaran yang harus di pelajari bisa saja terasa sangat membosankan dan melelahkan. Anda pasti terpikir, andai saja belajar bisa jadi hal yang menyenangkan, tentu anak Anda tidak akan merasa bosan.

1. Sediakan Ruangan Untuk Belajar Yang Nyaman dan Menarik
Seperti yang kita lakukan dalam kehidupan kita sehari - hari, baik dalam belajar atau bekerja di ruangan yang membosankan bisa menurukan hasil kerja. Ini juga bisa terjadi pada anak - anak, jadi langkah awal yang perlu kita lakukan adalah menyediakan sebuah ruangan di rumah yang jauh dari televisi dan hal yang bisa menganggu konsentrasi belajar mereka.
Gunakan berbagai warna atau benda yang di sukai si anak agar mereka merasakan memiliki ruangan tersendiri dan merasakan kenyamanan. Hal ini sama seperti kita mengunakan tempat tidur untuk tidur dan bukan bekerja, jadi anak akan mengingat bahwa ruangan tersebut untuk belajar dan mengerjakan PR dan bukan untuk bermain.

2. Catat Kemajuan Mereka dan Berikan Hadiah
Memberikan hadiah adalah salah satu cara untuk anak agar bisa bersemangat mengerjakan pekerjaan rumah mereka yang kadang terasa berat. Coba untuk memberikan target bagi anak dan berikan hadiah jika mereka bisa menyelesaikan nya.

Sebagai contoh Anda bisa memberikan bintang yang bisa mereka kumpulkan, dan ketika sudah terkumpul mereka bisa menukar nya dengan es krim, mainan, atau mungkin baju baru. Hanya saja pastikan bahwa anak Anda mengerti mengapa mereka mendapatkan hadiah, jangan sampai anak Anda hanya melakukan nya hanya untuk mendapatkan hadiah.

3. Jadikan Sebagai Permainan
Pelajaran yang membosankan bisa berubah menjadi menyenangkan ketika kegiatan tersebut di buat seperti game. Sebagai contoh ketika hendak belajar bahasa, pengunaan kartu yang memiliki gambar dan tulisan yang sama bisa bermanfaat sekaligus menyenangkan.

Ketika Anda tidak bisa merubah pelajaran menjadi game, maka catur, scrabble atau bingo bisa membantu murid untuk mengasah otak mereka sebelum belajar.
4. Kerjakan Bersama - sama
Mengerjakan pekerjaan rumah tangga sendirian bisa membuat anak merasa terkucil kan, jadi daripada anak sendirian Anda bisa coba untuk mengerjakan pekerjaan Anda di dekat mereka. Tidak hanya hal ini membuat anak merasa tidak sendirian, tapi mereka juga memiliki seseorang yang bisa di tanyakan mengenai pelajaran yang tidak mereka mengerti.

Penulis : Susana Young