.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Bagaimana Membersihkan Gigi Bayi Sejak Dini


Pasangan yang baru di anugerahi si buah hati terkadang merasa sedang dalam masa bahagia, tapi bagaimana ketika sang bayi sudah mulai mengeluarkan gigi, ternyata ada banyak cara untuk membersihkan gigi sang buah hati.

Pasta gigi mana yang paling bagus?

Terlepas dari banyak nya merek pasta gigi untuk bayi yang ada di pasaran, bayi ternyata tidak membutuhkan merek khusus, bayi hanya perlu sedikit olesan pasta gigi pada gigi mereka yang baru tumbuh. Hal ini di sebabkan karena gigi bayi bisa langsung menyerap flouride yang ada pada semua merek pasta gigi.

Kunci nya adalah pada seberapa banyak pasta yang bisa di berikan, untuk bayi berumur 3 tahun banyak nya yang bisa di berikan sekitar seukuran kacang, dan lebih sedikit untuk umur 1 tahun atau ketika gigi baru tumbuh.
Perlu di ingat, flouride yang terdapat pada pasta gigi baik untuk gigi si buah hati, hanya saja terlalu banyak flouride bisa berbahaya untuk si bayi, karena bayi tidak bisa berkumur dan mengeluarkan nya, melainkan menelan nya.

Sikat gigi seperti apa yang bisa di gunakan?

Sebelum buah hati memiliki gigi pertama nya, Anda bisa mengunakan kain basah untuk membersihkan gusi sang buah hati. Pengunaan kain basah dua kali sehari ini akan membantu bayi terbiasa dengan kebersihan yang di lakukan di mulut nya.

Ketika gigi mereka sudah mulai tumbuh, pengunaan sikat gigi yang memiliki bulu sikat yang lembut di anjurkan, ketika Anda merasa tidak memiliki keterampilan menyikat, pengunaan sikat gigi elektrik juga di sarankan.

Teethers mana yang bermanfaat untuk sang buah hati?

Teether adalah mainan yang bisa di "kunyah" oleh si buah hati, ketika si buah hati mendapatkan gigi pertama nya biasa bisa terasa sakit, untuk itu teether bisa membantu agar si buah hati mengalihkan rasa sakit nya.

Tentu saja teether yang bisa di taruh di lemari es bisa semakin membantu mendinginkan rasa sakit pada gigi si buah hati.

Kapan waktu yang tepat untuk berkunjung ke dokter gigi?

Sama seperti ketika mengenalkan pasta gigi saat gigi baru tumbuh, sekitar 6 - 12 bulan adalah waktu yang ideal untuk membawa si buah hati ke dokter gigi. Tentu saja tidak ada yang bisa banyak di lakukan untuk si buah hati, tapi umum nya dokter gigi bisa memberikan saran untuk si buah hati termasuk memakai flouride.

Hal yang paling penting adalah ketika si buah hati di berikan minum susu setiap hari supaya mereka tertidur. Karena susu mengandung gula, hal ini bisa menumbuhkan bakteri di sekitar gigi bayi. Selain itu seiring dengan bertambah nya umur si buah hati, minuman seperti jus yang mengandung asam bisa merusak gigi dan menumbuhkan bakteri yang jahat untuk gigi bayi.

Membawa si buah hati ke dokter gigi juga bisa membantu agar buah hati bisa terbiasa dan menjadikan nya sebagai rutinitas mereka.
Apakah menu makan bayi mempengaruhi kesehatan mulut nya?

Ya, makanan merupakan alasan utama mulut si buah hati bisa mendapatkan bakteri, yang penting untuk sistem imunitas pada tubuh mereka.

Anda tidak terlahir dengan bakteri, melainkan mendapatkan nya, dan itu tergantung dari menu makanan Anda. Dalam 30 bulan biasa nya jenis bakteri yang terdapat pada mulut dan perut biasa nya menjadi permanen seumur hidup, anak - anak bisa mendapat gigi berlubang karena saat masih bayi mereka banyak minum kandungan gula.

Selain kebersihan mulut, menu makanan yang sehat bisa menjadi makanan favorit mereka nanti nya, jadi ketika anak di berikan sayuran dan buah, maka mereka akan mengingatnya.

Penulis : Susana Young