.::::::Disiniajatempatnya:::::.


16 Alasan Mengejutkan Kenapa Anda Mengalami Stress Saat Bekerja di Kantor



Tidak ada satupun manusia di dunia yang tidak pernah terkena stress. Karena stress itu merupakan penanda bahwa Anda sedang menghadapi situasi yang berbahaya, singkatnya tubuh melepas banyak hormon yang kemudian meningkatkan tekanan darah dan detak jantung yang mengirimkan darah menuju kepala, hati dan otot serta berbagai macam fungsi tubuh yang membuat Anda susah melakukan suatu hal.

Masalah yang kemudian di hadapi adalah tubuh tidak memiliki solusi untuk mengatasi stress akut, dan sebagai manusia di jaman modern kita tidak tahu bagaimana cara membedakan antara ancaman fisik dan mental. Tubuh yang tidak mengerti cara mengatasi stress kemudian mengirimkan berbagai gejala seperti sakit kepala, otot tegang, sakit perut, tidak nafsu makan, susah berkonsentrasi, susah tidur, gampang marah dan cepat tua.
1. Ragu pada diri sendiri.
Salah satu penyebab stress saat bekerja adalah karena ragu akan kemampuan diri sendiri dengan kerjaan yang di berikan, sehingga pikiran Anda merasa bahwa Anda tidak bekerja dengan baik yang menyebabkan rasa takut tidak bisa memenuhi harapan serta takut di panggil akan hal tersebut.

2. Sering melapor pada supervisor Anda. 
Supervisor seperti manajer atau bos yang selalu mengawasi pekerjaan Anda, hal ini ternyata mengakibatkan stress karena harus melapor setiap kegiatan harian kepada supervisor Anda.

3. Pekerjaan Anda ternyata membosankan atau tidak memberi pengaruh pada tempat kerja. 
Ketika Anda percaya bahwa pekerjaan yang Anda lakukan tidak memberi manfaat bagi tempat kerja atau membosankan, maka sebagai hasil nya Anda tidak merasakan kenikmatan bekerja. Hal ini ternyata juga memberikan pemicu stress, karena rasa bahagia saat bekerja tidak ada, sehingga yang ada hanyalah rasa lelah saat atau sehabis bekerja.
4. Anda tidak ingat kapan kerjaan terakhir yang membuat Anda bersemangat. 
Seringnya ide Anda yang tidak laku di jual atau bos yang tidak suka dengan ide tersebut, pada akhirnya membuat Anda kehilangan motivasi, mempengaruhi kreatifitas, dan membuka pintu menuju stress. Anda sebenernya tidak perlu pekerjaan dengan gaji yang tinggi, atau jabatan yang tinggi, melainkan hal yang simple seperti ide yang di terima baik bisa meningkatkan kreatifitas dan mengurangi stress.

5. Anda mengalami kurang tidur. 
Rasa lelah dan capek sehabis bekerja di kantor juga memberikan kontribusi pemicu stress, karena pada saat otak kita lelah maka kemungkinan melakukan kesalahan semakin besar.

6. Tidak ada warna hijau di meja. 
Warna hijau di sini yang di maksud adalah tanaman, manusia yang mengalami stress akan merasa lebih rileks ketika melihat hal natural seperti tanaman di meja mereka. Tanaman bisa membantu Anda untuk mengurangi stress akibat kurang nya berinteraksi dengan suasana di luar kantor.

7. Bekerja lebih dari Dua jam tanpa beristirahat. 
Dua Jam adalah waktu paling lama otak bisa bekerja dengan baik, sayang nya otak tidak memiliki pengingat seperti rasa sakit ketika melebihi batas waktu kerja. Sebagai ganti nya Anda akan merasakan rasa kantuk yang merupakan tanda awal otak butuh istirahat.

8. Kesepian. 
Di tempat kerja terkadang banyak rasa saing, hal ini bisa mengakibatkan rasa kesepian sehingga mengakibatkan stress di tempat kerja.

9. Anda selalu telat dalam setiap hal. 
Ketika Anda merasakan tekanan karena waktu mepet yang disebabkan Anda telat atau tidak mengatur waktu dengan baik, sehingga Anda harus bekerja lebih cepat atau lama yang kemudian mengakibatkan stress pada diri Anda.

10. Meja kerja yang berantakan. 
Beberapa orang mungkin akan mendekorasi kan meja kerja mereka, atau tidak membersihkan meja mereka, sehingga menganggu produktifitas dan menyebabkan stress ketika hendak mencari pulpen atau kertas kerja minggu lalu.
11. Tidak ada privasi di tempat kerja. 
Meja kerja Anda mungkin merupakan tipe terbuka di mana Anda menjadi satu dengan rekan kerja, hal ini memberikan peringatan pada otak Anda bahwa Anda tidak memiliki privasi, di mana Anda tidak bisa melakukan suatu hal yang bisa mengurangi rasa stress.

12. Menghapus email sampah saat pertama mulai bekerja di pagi hari. 
Ketika Anda masih merasa segar, jangan membuang waktu dengan melakukan hal yang tidak berguna seperti menghapus email sampah yang masuk atau hal lain nya. Gunakan waktu tersebut untuk melakukan pekerjaan yang penting terlebih dahulu sebelum Anda merasa lelah nanti nya.

13. Sering membuka saat ada email baru.
Beberapa orang terkadang melakukan hal ini karena merupakan bagian dari pekerjaan mereka, akan tetapi kalau kerjaan Anda tidak mengharuskan nya, maka jangan lakukan hal ini. Karena menerima dan membaca email bisa menganggu suasana kerja Anda yang pada akhirnya menganggu pekerjaan Anda.

14. Bekerja saat lapar. 
Ketika lapar, otak tidak bekerja sebagaimana mesti nya, yang bisa mengakibatkan susah menerima informasi, pusing dan stress.
15. Dehidrasi. 
Kurang minum bisa mengurangi pasokan darah yang menuju otak, sehingga membuat Anda gampang merasa lelah serta mudah nya untuk terkena stress.

16. Melakukan banyak hal sekaligus. 
Multitasking terdengar seperti hal yang menakjubkan, akan tetapi hal tersebut bisa mengakibatkan rawan terkena stress akibat rasa bingung, lelah, tidak senang pada pekerjaan Anda. Anda hanya bisa merasakan kenikmatan bekerja saat Anda fokus melakukan satu hal saja.

Penulis : Susana Young

Bookmark Artikel Inspirasi Lainnya dapat dilihat di
-http://www.disiniajatempatnya.com/p/inspirasi-hidup.html