.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Waspadalah, Ternyata Aplikasi Whatsapp Bisa Merusak Hubungan Anda


Dunia yang semakin canggih ini ternyata juga membuat berbagai hal menjadi berubah, contohnya adalah cara menyampaikan cinta dan rasa sayang yang telah berubah.

Jaman dulu mungkin masih banyak yang ingat di mana kita menulis surat melalui pulpen dan kertas, atau mengirimkan pesan melalui email di warnet, terkadang kita harus menunggu waktu yang cukup lama untuk menerima balasan nya. Namun sekarang adalah jaman nya aplikasi pengirim pesan singkat, tinggal ketik apa yang mau Anda ucapkan dan balasan nya pun tidak lagi menunggu waktu lama.

Banyak sekali aplikasi pesan singkat yang beredar saat ini, Line, WeChat, Hike dan masih banyak lainnya, tapi WhatsApp adalah satu - satu nya yang memiliki pengguna aktif sebanyak 1 Milliar di seluruh dunia.

Pengunaan WhatsApp telah memberikan banyak manfaat untuk semua orang, tapi tidak semua pengunaan tersebut baik, melainkan bisa menjadi kutukan terutama bagi pasangan yang baru saja jadian. Apa sih yang bisa menjadi kutukan ini dan bagaimana Anda bisa mengatasi nya?

Fitur WhatsApp Yang Bisa Merusak Hubungan : Terakhir Kali Terlihat
Fitur yang satu ini memberikan semacam label untuk menandakan kapan terakhir kali Anda terlihat (Last Seen), hal ini ternyata bisa menimbulkan kecurigaan terhadap pasangan Anda. Misalkan Anda merasa ngantuk dan ingin tidur, Anda kemudian mengucapkan selamat tidur pada pasangan Anda di WhatsApp, ternyata ada teman jauh Anda yang menghubungi WhatsApp Anda kemudian ngobrol selama 30 menit. Hal ini tentu bisa saja terlihat oleh pasangan Anda, yang kemudian bisa saja curiga kenapa Anda masih terlihat online.

Last seen (Terakhir kita Lihat)

Fitur Yang Menyembunyikan Terakhir Kali Terlihat
Membaca apa yang bisa terjadi dengan fitur terakhir kali terlihat mungkin membuat Anda menjadi was - was dan memutuskan untuk mematikan opsi terakhir kali terlihat pada settingan WhatsApp Anda. Namun hal ini juga ternyata memiliki kerugian tersendiri, yaitu Anda tidak bisa melihat status terakhir kali terlihat pasangan Anda, yang pada akhirnya bisa membuat hubungan yang semakin misterius dan penuh kecurigaan.

Fitur Status Pesan Anda : Tanda Centang Biru
Ketika dulu memakai sms untuk membaca pesan, mungkin Anda bisa beralasan baru sempat membaca pesan atau baru pegang handphone ketika pesan tidak di balas dalam waktu yang lama. Namun hal ini menjadi tidak lagi bisa di gunakan karena ada nya fitur centang biru atau blue ticks ini, sebab pengirim pesan bisa mengetahui status pesan yang di kirim nya, apakah sudah terkirim, di terima atau di baca (dan di hiraukan). Apabila Anda kemudian memakai alasan baru baca, maka bersiaplah untuk mendapat interogasi dari pasangan Anda.


Fitur Komunitas : KELOMPOK dan PESAN nya
Kalau Anda berada dalam suatu kelompok (group) dan ternyata kelompok tersebut memiliki banyak anggota di dalam nya maka hal tersebut bisa menjadi mimpi buruk Anda. Karena dalam suatu kelompok Anda akan menerima banyak sekali obrolan yang terkadang tidak bermanfaat di antara para anggota, dan terkadang gatal untuk membalas kembali pesan nya. Apesnya bagi Anda adalah semua peringatan dan pesan yang datang tiada henti langsung menuju WhatsApp Anda.
Curhat Pada Orang Lain
Ketika Anda sedang bertengkar dengan pasangan Anda, adalah hal yang baik ketika Anda butuh seseorang untuk mendengarkan keluhan Anda. Namun Anda perlu berhati - hati untuk tidak terlalu lama mengeluarkan keluhan Anda kepada teman, karena bisa saja ada yang sedang mengawasi Anda di WhatsApp.

Pengunaan Kata Singkat Untuk Mengartikan Sesuatu
Kita mungkin sering berbicara 'Ok' dan menyingkatnya menjadi 'K', hal ini mungkin tidak masalah apabila kedua belah pihak tahu dan mengerti hal ini. Namun berhati - hati lah ketika melakukan hal ini pada WhatsApp karena arti tulisan 'K' pada WhatsApp berarti 'Kill' atau membunuh.
Pengunaan kalimat singkat seperti ini bukan saja kasar pada teman bicara, tapi juga membuat suasana menjadi aneh.

Hanya Bisa Melihat, Tak Bisa Merasakan
Kerugian dari teknologi yang bisa menghapus ruang dan jarak melalui layar handphone adalah kita hanya bisa melihat dan tidak bisa merasakan sebagaimana saat Anda bersama pasangan Anda. Anda tidak bisa merasakan perasaan pasangan Anda, tidak bisa melihat senyum atau air mata nya, yang di dapatkan hanya sebuah tulisan dengan emoticon.

Terlihat terlalu sentimentil buat Anda? tapi hal ini adalah kenyataan, semua hal yang di sebutkan di atas bisa menjadi suatu hubungan yang rapuh dan penuh kekurangan seperti sentuhan, emosi dan kepercayaan. Namun hal ini bisa di cegah apabila Anda tahu apa yang harus di lakukan.

Penulis : Fung