.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Tiga Hal Yang Sepatutnya Anak Ketahui di Usia Taman Kanak-Kanak



Orangtua adalah guru pertama bagi anak, dan tempat pembelajaran pertama adalah di rumah. Sebelum anak anda mengikuti pendidikan di TK, setidaknya anak anda telah dipersiapkan terlebih dahulu untuk mengetahui beberapa hal berikut.

Warna, Bentuk, Angka, Abjad
Masa sebelum taman kanak-kanak adalah masa untuk mempelajari beberapa keahlian khusus, seperti menjiplak bentuk huruf dan angka di atas kertas, mengikuti perintah-perintah sederhana, mengenali judul buku, dan mengenal suara (alat musik, hewan, atau kendaraan), mengenal warna-warna, dapat menghitung setidaknya 1-10 (dan tidak hanya mengucapkan saja, penting untuk anak mengerti bahwa jika ia mengatakan '5' ia benar-benar menyentuh obyek kelima daripada mengatakan '1, 2, 3, 4, 5!' ketika ada hanya tiga hal yang dihitung). Anda dapat membaca buku bersama anak, menunjukkan kata yang anda baca untuk membantu mereka agar tahu apa yang anda baca, sehingga anak dapat membedakan kata dan huruf secara langsung.
Keterampilan Dasar Merawat Diri
Beberapa hal dasar yang dapat membantu calon siswa TK adalah keterampilan dasar merawat diri. Contohnya anak mengetahui bagaimana cara memakai kaos kaki, mengikat tali sepatu, perawatan di kamar mandi (mencuci tangan dan kaki, BAK, BAB), dan keterampilan sejenis.
Pastikan orangtua memberikan banyak kesempatan bagi anak untuk bersosialisasi dan berinteraksi dalam berkelompok. Hal ini dapat cukup mengejutkan bagi anak menjadi salah satu dari 20 atau lebih anak di dalam kelas, terutama jika mereka tidak pernah menjadi bagian dari kelompok besar sebelumnya.
Seiring dengan pengenalan huruf, suara, nomor, dan nada, pengalaman sosial baru seperti bergiliran dan pergi ke sekolah selama sehari ini perlu dipertimbangkan.
Keterampilan Motorik Yang Baik dan Perlengkapan Sekolah
Pastikan untuk memberi anak banyak kesempatan untuk berlatih dan 'bermain' dengan alat sekolah (lem stik, lem cair, spidol, gunting, dll ...). Keterampilan ini tidak hanya akan menjadi sangat berguna bagi anak, tetapi akan memungkinkan anak untuk lebih fokus pada pembelajaran dan pekerjaan, dibandingkan hanya mengetahui nama dan bagaimana cara menggunakan barang-barang tersebut

Penulis : Susana
Image : beritasatu.com


Bookmark Artikel Inspirasi Lainnya dapat dilihat di
-http://www.disiniajatempatnya.com/p/inspirasi-hidup.html