.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Sepuluh Fakta Mengenai Guncangan Pada Pesawat


Bagi mereka yang pernah naik pesawat pasti pernah mengalami suatu ketika di mana pesawat mengalami guncangan, hal ini terkadang membuat panik para penumpang.

Cerita - cerita mengenai guncangan pada pesawat selalu membuat kita mengerutkan dahi, seperti pada desember 2015 di mana sebuah penerbangan dari Toronto ke Shanghai mengalami guncangan saat di udara, guncangan tersebut membuat masker udara berjatuhan dan selimut berterbangan, 21 dikabarkan terluka.

Berita lain di 2014, sebuah penerbangan dari Denver ke Billings mengalami guncangan yang amat kuat sehingga mengakibatkan seorang wanita menghantam langit-langit hingga retak.

Tentu saja hal tersebut menakutkan, namun hal ini tidak perlu membuat Anda merasa takut. Kami mengumpulkan berbagai fakta mengenai guncangan pada pesawat dari berbagai pilot dan ahli dalam penerbangan khusus untuk Anda.

1. Kemungkinan Mengalami Cedera Bisa Terjadi, Namun Sangat Jarang
Federal Aviation Administration mengatakan bahwa dari 58 yang terluka akibat guncangan pesawat setiap tahun nya, dua pertiga nya adalah para pramugara / pramugari yang tidak mengenakan sabuk pengaman ketika guncangan terjadi. Sedangkan sekitar 20 penumpang dari 800 juta penumpang yang terbang dengan pesawat setiap tahun di Amerika Serikat terluka akibat guncangan, dan hal tersebut biasa hanya terjadi saat pesawat berada di atas ketinggian 30,000 kaki.
2. Guncangan Pada Pesawat Biasanya Tidak Berbahaya
Guncangan pada pesawat umumnya adalah hal yang terjadi ketika angin kencang karena badai, karena mesin pendorong, ketika di dalam awan, atau berbagai hal lain nya, yang pada umum nya biasa terjadi pada setiap penerbangan.

3. Pilot Pesawat Tahu Kapan Akan Terjadi Guncangan
Anda pernah mendapati pengumuman untuk memakai sabuk pengaman? itu karena pilot bisa mengetahui kapan akan terjadi guncangan. Pilot bisa mengetahui nya dari laporan cuaca, radar pesawat, atau laporan dari pesawat lain yang berada di sekitar.

4. Guncangan Tanpa Peringatan Adalah Hal Yang Paling Berbahaya
Guncangan yang paling berbahaya adalah guncangan yang tidak terduga, langit terlihat cerah, tidak ada tanda - tanda guncangan yang tertangkap oleh radar cuaca, tiba - tiba terjadi guncangan pada pesawat.
Karena guncangan terjadi secara tiba-tiba, pilot tidak sempat memberikan peringatan mengunakan sabuk pengaman pada penumpang. Banyak kejadian penumpang cedera terjadi karena guncangan jenis ini.

5. Guncangan Tanpa Peringatan Akan Terus Meningkat
Menurut para peneliti, jumlah guncangan tanpa peringatan yang mempengaruhi penerbangan akan menjadi dua kali lipat akibat adanya pemanasan global.
6. Guncangan Tidak Mengakibatkan Pesawat Jatuh
Terkadang Kita merasa panik saat terjadinya guncangan, Kita merasa bahwa pesawat akan jatuh, namun hal ini hanyalah ketakutan yang tidak mendasar. Meskipun terjadi guncangan sekuat apapun, sistem pengaman pada pesawat masih bisa mengatasi hal tersebut. Patrick Smith, seorang penulis buku Ask The Pilot mengatakan bahwa pesawat di rancang untuk bisa menahan benturan pada tingkat tertentu.

7. Pilot Sudah Dilatih Untuk Menangani Guncangan
Para pilot sudah di latih untuk mencegah terjadi nya guncangan pada pesawat dengan mempelajari kondisi cuaca, membuat perkiraan dan memilih rute terbaik sebelum penerbangan. Apabila guncangan terjadi, pilot yang bagus biasa nya bisa meredakan penumpang yang panik.

8. Tanda "Kencangkan Sabuk Pengaman" Wajib Dipatuhi
Tanda "Kencangkan Sabuk Pengaman" saat menyala wajib untuk di patuhi, sebagai pengaman agar tidak mengalami cedera saat terjadi guncangan yang bisa tiba-tiba terjadi.
9. Kursi Bayi Juga Bisa Dipakai Di pesawat
Bayi biasa nya paling rentan mengalami cedera ketika terjadi guncangan, terutama bayi yang di pangku oleh orang tua nya, sebab guncangan bisa mengakibatkan sang bayi terlepas dari tangan orang tua nya. Untung nya kursi tambahan untuk bayi juga bisa di pakai pada kursi pesawat, sehingga kemungkinan bayi untuk terlempar tidak lagi perlu di khawatirkan.

10. Teknologi Yang Semakin Berkembang Untuk Mendeteksi Guncangan
Sedang dikembangkan nya teknologi yang mampu mendeteksi kemungkinan terjadi guncangan mengunakan laser ultraviolet dengan cara mengirimkan sinyal terlebih dahulu.


Sumber