.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Sembilan Batu Yang Sangat Mematikan di dunia


Tidak hanya binatang yang bisa mematikan, ternyata bebatuan dan bahan tambang bumi juga memiliki racun sendiri. Mudah bagi kita untuk melupakan betapa bahaya nya dunia yang kita tinggali ini, di mana kita bisa menemukan sebuah batu atau bahan tambang yang berbahaya dan mematikan.

Sering kali tanpa di sadari kita pernah melihat atau bersentuhan dengan bahan tambang beracun yang ada di sekitar kita setiap hari, dari bahan untuk konstruksi bangunan, bahan pembuatan komputer dan kosmetik.

Kita bisa mulai mewaspadai sekitar kita untuk mengetahui bahan tambang beracun seperti apa saja yang ada di sekitar kita.


Chalcanthite - CuSO4·5H2O

Warna biru menawan pada Chalcanthite sebenernya adalah tembaga sulfat yang mengering serta mudah larut dalam air. Batu tambang ini biasa di gunakan dalam pembuatan bijih tembaga, hanya saja perlu di ingat bahwa lingkungan sekitar harus lah kering karena barang tambang satu ini bisa larut dan mengkristal di lingkungan basah.

Chalcanthite (Credit: messingminerals.com)


Cairan yang bercampur dengan bahan tambang ini bisa mengakibatkan keracunan tembaga pada lingkungan dan berbahaya bagi manusia.

Stibnite - Sb2S3

Stibnite adalah bahan tambang yang memiliki racun berbentuk kristal dan merupakan sumber metal antimony. Adonan yang terbuat dari Stibnite sudah di gunakan selama ribuan tahun sebagai bahan make-up yang berguna untuk menebalkan alis dan bulu mata.

Stibnite (Credit: Wikimedia)


Bahan tambang ini juga di gunakan untuk membuat peralatan makan, yang terkadang menyebabkan keracunan pencernaan dari antimony.
Asbestos - Mg3Si2O5(OH)4

Anda mungkin pernah mendengar bahan tambang bernama asbestos, dan menghubungkan nya dengan kanker paru-paru. Bahan tambang ini bisa menghasilkan kristal tipis yang mudah hancur dan menjadi butiran debu.


Asbestos (Credit: Flickr/Asbestorama)


Meskipun berguna sebagai bahan penyekat, tahan api dan peredam suara, debu yang di hasilkan bahan tambang ini mematikan apabila terhirup. Serat yang di hasilkan bisa mengakibatkan kanker paru-paru, kanker mesothelioma,  dan asbestosis.

Arsenopyrite - FeAsS

Arsenopyrite adalah besi arsenik sulfida yang memiliki warna besi metalic yang bisa di temukan di tempat keluar gunung berapi dalam laut.



Racun yang di hasilkan terkadang bisa merusak lingkungan dan meracuni manusia dalam lingkup yang luas. Hasil oksidasi dari bahan tambang arsenopyrite biasa nya menjadi racun yang tercampur dalam air dan selanjutnya menjadi air asam pada tambang.

Cinnabar - HgS

Cinnabar adalah bahan tambang berupa sulfida berwarna merah gelap yang menjadi pasokan raksa di dunia. Terlepas dari sejarah pengunaan sebagai alat tukar dan pewarna, Cinnabar sangat mematikan.

Cinnabar (Credit: Dakota Matrix)


Mercury beracun bagi manusia dan merupakan salah satu penyebab kematian para penambang di seluruh dunia.

Galena - PbS

Galena adalah bahan tambang sulfida yang merupakan salah satu bahan utama biji timah yang di temukan di seluruh dunia. Galena memiliki struktur logam kristal terpisah dan juga merupakan salah satu bahan dasar perak.

Galena (Credit: Dakota Matrix)

Debu timah yang terdapat pada Galena memiliki racun apabila terhirup atau tertelan, tapi bahan tambang ini bisa di proses dengan aman apabila tidak terdapat debu timah.

Hutchinsonite - (Tl,Pb)2As5S9

Hutchinsonite adalah salah satu bentuk sulfida beracun dengan talium dan timah yang biasa di temukan di dekat bebatuan pada sumber panas di air. Butiran talium tidak memiliki rasa dan sangat mematikan serta biasa di gunakan sebagai bahan untuk racun tikus dan serangga.

Hutchinsonite (Credit: Dakota Matrix)

Talium yang berada dalam sulfida beracun ini merupakan kombinasi mematikan dari sebuah bahan tambang, terlalu lama dekat dengan bahan tambang ini bisa mengakibatkan kematian.
Orpiment - As2S3

Orpiment adalah sulfida berbahaya dengan warna oranye kuning yang menawan. Bahan tambang ini bisa di temukan dekat bebatuan pada sumber panas di air, pemandian air panas dan fumarol.


Orpiment (Credit: Periodictable.com)


Anehnya bahan tambang ini pernah di gunakan sebagai bahan obat di cina meskipun memiliki racun, juga di gunakan pada alkimia sebagai cara untuk membuat emas.

Racun nya apabila teroksidasi, bisa mengakibatkan keracunan arsenik apabila tidak di tangani dengan teliti.

Torbernite - Cu(UO2)2(PO4)2 · 8 – 12 H2O

Torbernite adalah bahan tambang berbahaya yang terbuat dari tembaga hijau, fosfat dan uranyl. Bahan tambang ini biasa di temukan di bebatuan yang mengandung uranium dan biasa nya berbahaya karena memiliki efek radioaktif.

Torbernite (Credit: le-comptoir-geologique.com)

Bahan tambang ini bisa melepaskan radon secara alami dan menyebabkan kanker paru-paru jika berada dalam jarak dekat dalam jangka waktu lama.

Itulah 9 bebatuan dan bahan tambang mematikan yang ada didunia, beberapa meskipun memiliki racun namun tergolong jarang ditemukan.

Penulis : Fung