.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Lakukan 5 Hal Ini Ketika Bayi Terserang Pilek


Bayi yang baru lahir beberapa bulan bisa saja terkena penyakit, salah satu nya adalah pilek. Mereka akan merasa tidak tenang saat makan, nafas tersumbat saat tidur, dan bertanya-tanya apa yang sedang terjadi pada diri mereka. Hal ini tentu saja membuat orang tua akan merasa cemas dan ingin agar bisa mengurangi penderitaan sang buah hati, meskipun Anda tidak bisa mengunakan obat-obatan, namun ada 5 hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit nya.

1. Bersihkan Ingus Dari Hidungnya.
Bayi selama 6 bulan pertama hanya bernafas melalui hidung mereka, terkadang hidung mereka bisa menjadi tersumbat. Gunakan alat penghilang sumbatan yang khusus untuk bayi, tambahkan sedikit air asin (yang direbus dan di dinginkan sesuai suhu ruangan) di sekitar dalam hidung mereka untuk mengencerkan ingus yang menyumbat.

2. Pastikan Dia Tidak Mengalami Dehidrasi.
Seperti layaknya orang dewasa, bayi pun bisa mengalami malas makan saat mereka sakit. Yang perlu di ingat adalah untuk tetap memberikan mereka susu, atau berkonsultasi pada dokter Anda, jangan sampai mereka mengalami dehidrasi. Menyusui dalam posisi bersandar juga bisa membantu bayi untuk minum dengan lancar dan menghindari terjadi nya penyumbatan pada hidung ketika bayi sedang minum.

3. Bantu Agar Bisa Batuk.
Bayi pada umum nya tidak memiliki tenaga untuk batuk dengan baik, sehingga sulit bagi mereka untuk mengeluarkan dahak. Untuk itu bawa bayi Anda ke kamar mandi dan sediakan air panas yang ada uap nya. Hal itu bisa membantu hidung mereka mengencerkan lendir pada hidung dan mempermudah pengeluaran dahak melalui batuk.
Lakukan hal ini sebelum bayi tidur, sebab ketika bayi tertidur dalam posisi terlentang terkadang lendir pada hidup akan turun ke tenggorokan dan dadanya. Alat pelembab ruangan juga bisa membantu untuk mengurangi penyumbatan, hanya saja jangan sampai lupa untuk menganti air nya agar ruangan tidak berjamur.
4. Berikan Mereka Banyak Istirahat.
Bayi butuh banyak tidur saat mereka sedang sakit, hanya saja semua gejala penyakit bisa menganggu tidur mereka. Ketika bayi mengalami sulit tidur, Anda bisa memberikan acetaminophen apabila bayi Anda berumur 2 sampai 6 bulan (pastikan anda mengikuti aturan pakai oleh dokter), atau segera konsultasikan pada dokter Anda untuk memberi obat yang aman bagi mereka. Mendengarkan musik atau mandi bisa menjadi salah satu rutinitas sebelum tidur agar bayi mengerti bahwa itu adalah waktu Dia untuk tidur.

5. Perhatikan Gejala - Gejala Yang Ada.
Ketika kondisi sang bayi menjadi lebih parah, berarti sudah waktu nya untuk menghubungi Dokter anak Anda. Untuk bayi berumur di bawah 3 bulan, apabila suhu tubuh mereka sudah mencapai 30 derajat celcius hal ini berarti Anda harus segera ke dokter. Bayi yang berumur lebih dari 3 bulan, waspadalah apabila demam tidak sembuh dalam 3 hari atau ada gejala penyakit lain setelah pilek. Tanda lain yang harus di waspadai adalah ketika bayi susah bernafas atau bersin - bersin, yang bisa menandakan bayi terkena virus atau radang paru-paru. Ketika bayi mengalami batuk-batuk secara terus menerus, jangan ragu untuk langsung berkonsultasi ke dokter.

Penulis : Fung
image : baby.healthguru.com