.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Jenis Makanan Yang Membantu Tidur Lebih Nyenyak


Hampir setengah dari orang-orang yang kita kenal menderita setidaknya sulit tidur sesekali, dan bahkan ada yang mengalaminya setiap malam. Tetapi bagaimana jika diperlukan beberapa perubahan kecil pada pola makan anda untuk mengubah itu semua? Tidak ada jawaban pasti secara ilmiah atau pun data di luar sana tentang makanan apa yang baik untuk kualitas tidur anda. Tetapi, beberapa ahli gizi mengatakan bahwa dengan menambahkan beberapa jenis makan berikut setidaknya dapat membantu.

Makanan kaya protein.
Daging ayam, keku, telur dan susu dapat menolong anda untuk tidur. Triptofan, asam amino yang dikandung dalam makanan ini, membantu melepaskan hormon serotonin dan melatonin, yang kemudian membantu mengatur ritme sirkaian. Dengan mengkombinasikan makanan ini dengan karbohidrat (lihat dibawah) yang anda konsumsi siang harinya, anda menyiapkan tubuh anda dengan produksi melatonin di malam harinya, sekitar jam 9 malam dan anda sudah siap untuk tidur yang lebih nyaman.

Biji-bijian utuh.
Biji-bijian utuh juga membantu mengubah tritofan menjadi serotonin dan melatonin, sehingga mereka harus menemani protein anda. Jadi merupakan ide yang sangat baik sekali untuk menyertakan segenggam beras merah, labu, atau kacang-kacangan, atau kentang panggang dengan makan malam anda. Ditambah, karbohidrat kompleks ini merupakan sumber terbaik vitamin B, yang juga dapat membantu tidur anda.
Buah ceri.
Setelah makan malam, buah ceri beku dapat menjadi cemilan yang sehat untuk anda. Buah ini kaya akan melatonin dan dapat membantu triptofan melintasi penghalan aliran darah ke otak untuk menstimulasi tubuh anda memproduksi lebih banyak lagi melatonin.

Kacang-kacangan dan biji-bijian.
Kacang-kacangan, biji-bijian, dan yg telah dihaluskan mengandung triptofan dan magnesium, yang mana memiliki efek menenangkan. Dimakan sebelum tidur agar dapat membantu anda tidur lebih cepat. Jangan terlalu banyak, cukup segenggam tangan atau 1 ons saja, jika tidak malah akan membuat perut anda sakit dan lebih susah tidur.

Minuman hangat.
Sebelum tidur anda dapat mencoba meminum secangkir teh kamomil, atau secangkir air hangat ditambah lemon, atau juga segelas susu hangat untuk membantu anda meredakan ketegangan pada tubuh anda dan membantu tubuh agar siap untuk tidur. Satu yang harus dihindari adalah alkohol. Alkohol secara dramatis akan mempengaruhi pola tidur anda, di awal alkohol tampaknya membantu anda untuk tidur nyenyak tetapi  setelah proses metabolisasi, ia memberi efek kebalikannya.

Penulis : Susana