.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Dengan Enam Hal Ini Cara Membesarkan Anak Dengan Tata Krama Yang Baik


Setiap orangtua mengharapkan untuk membesarkan seorang anak yang sopan, tetapi tidak semua anak tumbuh memiliki tata krama yang baik. Dengan semakin banyaknya anak-anak yang kecanduan bermain gadget dan teknologi, akan menjadi lebih sulit memisahkan mereka dengan perangkat kesayangan mereka dan menanamkan kebiasaan berperilaku baik. Namun, dengan perubahan sederhana dari kebiasaan ayah dan ibu akan membuat perbedaan untuk perilaku anak. Perhatikanlah 6 kiat sederhana untuk membesarkan anak yang berperilaku baik — dan ingat, walaupun si kecil anda sangat menggemaskan di sekitar anda, bukan berarti dia akan cenderung bersikap sopan di dalam kelas.

1. Jadilah Teladan — Setiap Saat
Anak-anak adalah peniru ulung yang luar biasa. Jika anda ingin anak anda sopan kepada orang yang lebih tua atau pun teman sebayanya, anda harus mencontohkan perilaku menghormati sesama setiap saat — tidak hanya pada saat berinteraksi dengan anak-anak. Penting untuk mengucapkan kata tolong dan terima kasih kepada si kecil, tetapi mereka juga akan mencontoh perlakuan anda terhadap pasangan, reaksi anda di jalan raya yang macet, apakah anda ikut mengantri atau malah menyerobot antrian, atau sikap anda menghadapi tetangga yang reseh.
2. Ajari Mereka Bagaimana Seharusnya Bereaksi
Kadang-kadang si kecil tidak sengaja menunjukkan perilaku yang kurang diinginkan hanya karena mereka tidak tahu bahwa itu merupakan hal yang dapat dianggap kasar. Pastikan untuk menunjukkan kepadanya mana perilaku yang benar dan yang tidak, walau saat sedang berada dalam situasi informal. Jangan abaikan tindakan yang tidak sopan karena alasan kesibukan. Gunakan permainan sehari-hari atau buku untuk menyorot perilaku mana yang diharapkan. Saran: bermain dengan boneka adalah alat pembelajaran yang baik untuk mengajarkan anak dan untuk memicu diskusi tentang apa yang dapat diterima dalam masyarakat.

3. Jangan Meremehkan Pentingnya Makan Bersama Keluarga
Tidak mengejutkan jika makan malam keluarga merupakan hal penting untuk keseimbangan pribadi anak. Ruang makan juga merupakan tempat ideal untuk mengajarkan perilaku sopan dan mencontohkan etika yang baik. Duduk bersama di meja makan bukan hanya untuk mengajarkan anak etika makan yang baik, tetapi juga kemampuan percakapan — serta menanamkan nilai-nilai baik dan prinsip hidup anda.

4. Jangan Hanya Merespon Pada Perilaku Buruk
Jika anda ingin membesarkan anak yang berperilaku baik, pastikan untuk memberikan perhatian yang sama banyak pada perilaku baik dan buruknya. Puji anak dengan mengatakan apa yang telah dilakukannya saat ia melakukan sesuatu yang baik dan ajarkan ia untuk berbangga hati akan hal tersebut. Jika anda memberikan reaksi positif dan penguatan untuk perilaku mereka (dan tidak hanya untuk perilaku buruk saja), mereka tidak akan bertindak hanya untuk mencari perhatian.

5. Mengubah Tindakan Positif Menjadi Sebuah Kebiasaan
Konsistenlah dengan pujian dan hukuman untuk perilaku anak sehingga mereka mengadaptasikan perilaku yang baik dalam kegiatan keseharian mereka yang kemudian membentuk kepribadian tanpa harus mengerahkan banyak usaha. Namun sangat penting untuk anda menjelaskan kepada anak arti pentingnya tata krama sopan santun sehingga tindakan mereka benar-benar nyata. Sopan santun tidak hanya terbatas dari pengucapan tolong dan terima kasih saja,  itu hanya akan menjadi ucapan kosong semata jika tidak diucapkan dari hati. Berapa sering kita mengucapkan terima kasih misalkan kepada seseorang penjaga pintu sebuah pusat pembelanjaan tanpa berpikir hanya karena itu telah menjadi sebuah kebiasaan. Sebaliknya kita harus mengajarkan kepada anak bagaimana untuk menunjukkan penghargaan yang tulus kepada orang yang memberi atau berbagi sesuatu dengan mereka.
6. Menghargai Perbedaan
Bagian dari mengajarkan perilaku baik adalah menunjukkan penghargaan. Jelaskan kepada anak bagaimana caranya menghargai dan menerima perbedaan setiap orang. Mereka mungkin saja mengucapkan sesuatu pada diri seseorang sebagai sebuah pengamatan tetapi mengajarkan anak-anak bagaimana menghargai kualitas unik dalam setiap orang akan meningkatkan sopan santun mereka. Pastikan juga untuk menjelaskan perbedaan antara membuat penilaian dan observasi. Anak kecil dapat diajarkan pada usia yang sangat muda tentang bagaimana mengulangi sesuatu yg tidak baik itu salah, dan bagaimana perkataan dapat menjadi senjata terkuat yang mereka miliki.

Penulis : Susana
image: www.momjunction.com

Bookmark Artikel Inspirasi Lainnya dapat dilihat di
-http://www.disiniajatempatnya.com/p/inspirasi-hidup.html