.::::::Disiniajatempatnya:::::.


12 Cara Mengubah Stress Menjadi Kebahagiaan


Stress Merusak Impian dan Hidup Anda. Siapa yang tidak pernah merasakan stress? Setiap mahluk hidup pasti pernah sekali merasakan stress akibat tekanan dari berbagai hal. Tekanan ini terkadang bisa datang dari keluarga dan teman terdekat anda, hal ini bisa menaikan tingkat stress apabila Anda sedang memiliki suatu keraguan entah dari usaha atau hal lain nya. Apabila Anda mengalami tekanan dan mengakibatkan kegagalan entah dalam usaha, keluarga atau hubungan akan membutuhkan waktu lama untuk bisa bangkit kembali.

Berikut adalah 12 cara untuk mengurangi tingkat stress Anda dan merubah nya menjadi kebahagiaan:

1. Mulai Memiliki Hewan Peliharaan

Curhat dengan teman ternyata bisa mengurangi tingkat stress Anda. Penelitian membuktikan bahwa meluangkan waktu dengan hewan peliharaan bisa mengurangi stress sama seperti ketika Anda curhat dengan teman, juga apabila Anda bersama dengan hewan kesayangan ternyata bisa menahan agar tidak semakin tertekan. Jika Anda tidak memiliki hewan peliharaan, coba untuk memelihara hewan yang Anda sukai, siapa tau suatu hari nanti "teman" Anda ini akan menjadi pendukung di kala Anda tidak mendapat dukungan dari orang lain.

2. Berhenti Memikirkan Masalah Yang Sudah Berlalu

Tampaknya, semakin sering Anda berbicara mengenai masalah yang Anda miliki, maka kemungkinan besar Anda akan mengalami depresi. Tentu saja mengeluarkan keluh kesah bisa membantu meringankan beban. Tapi bila keluh kesah yang sama terus di ulang, hal ini tidak bisa menyelesaikan masalah apapun. Jika tidak memiliki teman yang bisa mendukung, cobalah untuk aktif mencari solusi untuk masalah Anda di bandingkan hanya mengeluh, yang pada akhir nya membuat Anda mengalami tekanan. Apabila Anda memiliki teman yang mendukung Anda itu adalah hal yang bagus, hanya saja perlu di ingat bahwa untuk tidak hanya selalu berkeluh kesah mengenai kesulitan Anda, tapi juga untuk menatap ke depan dan mengatasi nya.
3. Berikan Badiah Saat Anda Berhasil Melakukan Sesuatu

Apakah Anda tipikal orang yang keras meskipun pada diri sendiri? Anda merasa kesuksesan adalah hal biasa, dan kegagalan adalah hal yang tidak bisa di terima? Ketika Anda berhasil mencapai suatu tujuan, Anda hanya diam dan melanjutkan ke tujuan berikut, tetapi jika tidak Anda akan mengutuk diri sendiri. Anda akan menghukum diri Anda sendiri, menganggap diri Anda tidak memiliki kemampuan.
Hal seperti ini merusak diri Anda sendiri. Coba untuk mulai memberikan hadiah ketika Anda berhasil mencapai suatu tujuan. Penelitian membuktikan bahwa ketika Anda mendapatkan hadiah atau imbalan ketika melakukan suatu hal, maka kemungkinan Anda akan mengulangi hal tersebut.

Ini biasa di sebut dengan umpan balik yang positif, dan jauh lebih efektif di bandingkan memberikan hukuman. Ketika ada mengalami tekanan dari kegagalan, tanpa ada kebahagiaan saat berhasil, maka hidup hanya akan berada di bawah tekanan. Ketika Anda mengalami kebahagiaan saat berhasil, tanpa ada tekanan saat mengalami kegagalan, maka hidup akan terus mengalami kebahagiaan.

4. Manfaatkan Kebiasaan Buruk Untuk Menguntungkan Anda

Ketika mengalami suatu masalah, beberapa orang akan meninggalkan yang sedang di lakukan dan lari dari masalah. Mungkin Anda pernah mengalami hal yang sama? Ketika lari dari masalah, biasanya di alihkan dengan makan makanan yang tidak sehat, nonton TV, Internetan, video porno, merokok atau minum-minum. Seiring dengan waktu hal ini bisa menjadi kebiasaan yang menghancurkan diri sendiri.

Manfaatkan situasi ketika Anda lari dari masalah, pilih pengalihan yang menyehatkan dan memberikan manfaat seperti meditasi, perengangan, mendengarkan motivasi, tidur atau olahraga singkat.

Lakukan pengalihan ini selama 30 detik saat pertama kali mulai.
Misalkan Anda sedang mengalami masalah dengan pacar. Anda merasa ingin makan burger untuk menenangkan diri. Sebelum makan burger, coba lakukan meditasi selama 30 detik. Baru kemudian Anda makan burger tersebut. Lakukan selama dua bulan, kemudian tambah waktu nya setiap minggu, hingga kebiasaan buruk tidak lagi di perlukan untuk menenangkan diri Anda.

Dengan melakukan hal ini, Anda akan melakukan hal yang bermanfaat ketika sedang mengalami tekanan. Jadi ketika Anda merasa tertekan, coba untuk meditasi, tidur atau mendengarkan musik. Setelah beberapa menit melakukan nya Anda akan merasa segar kembali dan memiliki semangat untuk menghadapi tantangan baru.
5. Keluarkan Amarah Anda dan Menangislah Sampai Tertidur Karena Lelah

Jangan menyembunyikan perasaan Anda ketika sedang mengalami tekanan, luapkan semua perasaan amarah, bicara dengan teman dekat anda, tulis semua perasaan anda pada kertas. Keluarkan semua keluh kesah Anda, tapi jangan mengamuk atau berteriak - teriak, ekspresikan semua amarah dan perasaan untuk menghilangkan beban pikiran yang di sebabkan karena masalah.

6. Belajar Dari Kegagalan

Semua pasti pernah mengalami kegagalan, namun jangan jadikan kegagalan sebagai trauma, yang kemudian menghancurkan dan membuat anda tidak berani untuk melakukan nya kembali. Beberapa orang tidak bisa menerima apabila dirinya melakukan kesalahan. Semua harus sempurna dari awal, mereka merasa orang akan menganggap remeh diri mereka bila mereka melakukan kesalahan, orang - orang seperti ini cenderung berada dalam perasaan tertekan. Orang yang sukses dan bahagia cenderung fokus pada pertumbuhan. Mereka suka dengan kesalahan dan ketidaksempurnaan, karena mereka melihat nya sebagai suatu peluang untuk bisa berkembang. Belajar dari orang - orang sukses tersebut, miliki impian yang tinggi, tapi jangan lupa untuk tetap realistis. Jangan menilai diri Anda berdasarkan hasil, lihat hal tersebut sebagai catatan, dan jangan lupa untuk mengembangkan diri Anda dari pengalaman tersebut.

7. Merasa Malu Ketika Tidak Melakukan Apapun

Anda mungkin memiliki banyak kegiatan namun tidak memiliki waktu dan energy untuk melakukan nya, pada akhirnya kerjaan tersebut menjadi terlantar, dan Anda menyalahkan diri sendiri, yang pada akhirnya menjadi tekanan. Pertimbangkan apa yang penting bagi Anda, dan lepaskan sisa nya. Hal ini bisa memberikan waktu lebih banyak dan hidup Anda akan lebih teratur sambil tetap mengalami kemajuan dalam kegiatan.
8. Mulai Untuk Bersih - Bersih

Ruangan yang berantakan ternyata bisa menganggu konsentrasi dan pikiran Anda. Hal ini bisa membuat Anda tertekan atau bahkan mengurangi kemampuan berfikir. Mulailah untuk membersihkan sekitar Anda dari sampah yang ada, lakukan secara perlahan setiap hari, hingga menjadi kebiasaan bagi Anda untuk hidup bersih.

9. Posisikan Tubuh Hingga Nyaman

Saat berdiri, duduk, atau tidur posisi tubuh terkadang bisa mempengaruhi suasana hati dan tingkah laku. Ketika tubuh berada dalam posisi yang natural dan nyaman, Anda bisa merasa lebih santai. Hal ini juga bisa membuat Anda merasa lebih percaya diri, merasa lebih memiliki kendali. Rasa percaya diri bisa membantu melawan stress Anda. Selain itu, membaca buku dengan posisi yang benar tidak hanya mengurangi rasa tertekan, tapi juga membuat tubuh untuk tetap sehat.

10. Keluarkan Semua Informasi Yang Memenuhi Pikiran Anda

Ketika memikirkan banyak hal sekaligus, Anda mungkin merasa gelisah dan pada akhir nya tidak bisa melakukan apapun. Keluarkan semua pikiran tersebut dari kepala Anda. Tenangkan pikiran Anda selama lima hingga lima belas menit, biarkan informasi tersebut kembali pada diri Anda. Anda mungkin akan terkejut dengan banyak nya informasi yang muncul, hal yang harus di lakukan, hal yang menunggu untuk dilakukan, semua ide dan rencana Anda. Tulis semua yang terpikirkan saat itu, meskipun itu adalah hal yang remeh, hal ini bisa membantu untuk mengatur hidup Anda dan menjernihkan pikiran dari masalah. Ketika melihat semua pemikiran pada kertas, Anda bisa merasa lebih mudah untuk memulai nya, hidup pun menjadi lebih mudah untuk di jalani. Satu hal yang perlu di ingat, jangan menghabiskan waktu terlalu lama untuk menulis semua pemikiran Anda, karena bisa saja justru akan membuat Anda semakin tertekan.
11. Belajar Dari Pepatah Cina, "Melihat Dari Sudut Pandang Penonton"

Mereka yang tertekan adalah orang - orang yang ahli dalam melebih-lebihkan masalah termasuk masalah kecil. Anda mungkin tidak bisa melihat solusi ketika terjebak dalam masalah. Yang kemudian menyebabkan rasa panik dan Anda mulai untuk melihat segala sesuatu secara berlebihan. Pepatah cina berkata "Sudut pandang penonton selalu lebih jelas." Tanyakan pada teman pendapat jujur mereka mengenai masalah Anda, ini bisa membantu Anda untuk mengenali bahwa sesuatu tidaklah seburuk yang Anda kira. Posisikan diri Anda sebagai penonton, analisa masalah secara tenang, dengan cara ini Anda bisa melihat masalah dari sudut pandang orang lain dan bertindak lebih bijak.

12. Tertawa lah Sebelum Tertawa Itu Dilarang

Komedi terkadang bisa membuat tertawa, meskipun sedang mengalami masalah. Kenapa tidak kita manfaatkan sebagai penghilang rasa stress? Cobalah untuk mengingat semua kejadian buruk yang sudah menimpa Anda, gagal di terima kerja, di pecat dari kantor, jadi pengangguran, di rampok, di tuntut atau bahkan di tolak cewek. Semua itu adalah hal buruk pada hidup Anda, tapi bisa menjadi pengingat atau bahkan lelucon dalam kehidupan. Mungkin masakan Anda gosong? atau handphone baru Anda jatuh ke toilet? tertawa lah! Tertawa di sini bukan berarti jadi gila ya, tapi tertawa lah untuk merubah pemikiran Anda, tertawa lah karena hal ini terlihat konyol saat Anda marah atau frustasi, dengan merubah pemikiran Anda menjadikan ini sesuatu yang lucu, Anda bisa melihat semua nya dari sudut pandang positif dan menjalani nya dengan senyum.

Detik ini juga, Anda bisa merubah tekanan hidup menjadi kebahagiaan. Tidak ada yang mustahil, banyak orang yang berhasil melakukan nya. Jangan biarkan stress menguasai hidup Anda, sekarang adalah waktu nya untuk berubah. Apakah Anda ingin terus hidup di bawah tekanan? atau Anda ingin hidup lebih bahagia? semua tergantung pilihan Anda.

"Tertekan Adalah Hal Yang Anda Pikir Terjadi Pada Dirimu. Ketenangan Adalah Apa Yang Berada Pada Dirimu" ~ Pepatah dari cina.

Penulis : Fung 


Bookmark Artikel Inspirasi Lainnya dapat dilihat di
-http://www.disiniajatempatnya.com/p/inspirasi-hidup.html