.::::::Disiniajatempatnya:::::.


11 Fakta Tentang Buang Air Besar Yang Belum Anda Ketahui


Semua mahluk hidup pasti perlu untuk melakukan ritual buang air besar, hanya saja orang masih malu saat hendak melakukan ritual keramat ini, ketika kita berkumpul bersama teman atau saudara, pasti kita pernah berkata "bentar yah, ke wc mo buang air kecil dulu", hal ini teramat normal, tapi mengapa tidak ada yang pernah berkata "bentar yah, ke wc mo buang air besar dulu" ?

Kenapa? kenapa ketika buang air kecil orang tidak masalah, sedangkan ketika hendak buang air besar menjadi hal yang teramat tabu seperti "Dia yang nama nya tidak boleh disebut?"

Yang perlu kita tahu adalah buang air besar menjadikan indikator kesehatan tubuh kita, tidak pernah berdiskusi mengenai hal ini bisa membuat kita kehilangan pengetahuan yang berguna untuk kita.

Tentu saja mungkin akan terasa aneh ketika membicarakan tentang buang air besar karena bunyi dan bau yang di hasilkan, tapi semua orang buang air besar! itu adalah fungsi normal yang penting dari tubuh kita, jadi kenapa kita tidak mulai membicarakan nya demi pengetahuan dan kesehatan?

Berikut adalah berbagai pengetahuan mengenai buang air besar yang mungkin kita tidak ketahui karena malu membahas nya. Mungkin biar lebih enak dengarnya Kotoran Manusia saya ganti dengan Kata poop

1. Poop Seperti Penanda Suasana Hati Sistem Pencernaan Anda
Ketika sedang buang air besar dan Anda menyadari bahwa poop anda terlihat tidak coklat seperti biasanya bisa jadi menandakan ada sesuatu yang terjadi di tubuh anda.

Dr. Gina Sam mengatakan bahwa poop yang berwarna hijau muda menandakan bahwa makanan di cerna terlalu cepat (masih normal), kuning berarti sistem pencernaan agak susah mencerna lemak, bisa juga menandakan kelainan pencernaan seperti penyakit Celiac.

Sedangkan warna hitam bisa jadi berasal dari suplement zat besi atau obat lain, tapi juga bisa menandakan adanya pendarahan di dalam, jika khawatir bisa mengunjungi dokter untuk di test.

Dr. Michael F.Picco mengatakan ada juga poop berwarna merah dan putih, warna putih bisa menandakan permasalahan pada saluran empedu, sedangkan warna merah menandakan kemungkinan pendarahan (atau sesuatu yang Anda makan dan berwarna merah), jika warna poop anda berbeda dari semua warna di atas segera hubungi dokter Anda.
2. Seperti Apa Poop Yang Normal
Dr. Patricia Raymond seorang ahli di bidang pencernaan menceritakan sebuah lelucon bahwa pemikiran mengenai jenis poop yang sempurna itu adalah untuk mereka yang memiliki obsesi pada anal. Faktanya hal tersebut bisa jadi benar, adalah suatu hal yang normal bagi orang untuk merasakan pengalaman mengeluarkan poop yang berbeda, selama tidak keras dan lancar saat keluar.

Bristol Stool Form Scale (Timbangan bentuk poop) adalah sebuah gambaran yang mengambarkan perbedaan poop menjadi 7 grup, di mana gambaran 1-2 menandakan susah buang air besar, gambaran 3-4 adalah hal yang normal, dan 5-7 menandakan mencret.

Raymond menambahkan bahwa bentuk poop berbentuk tipis yang keluar terus menerus bisa merupakan hal yang tidak baik, karena bisa menandakan kanker usus dan wasir.

3. Seberapa Sering Kita Harus Buang Air Besar?
Dr. Sam mengatakan bahwa normal nya seseorang harus buang air besar setidak nya setiap satu atau dua hari sekali orang akan buang air besar satu atau dua kali.

Jika Anda buang air besar lebih dari dua kali setiap hari, atau jika tiga hari tidak buang air besar hal itu bisa menandakan ada sesuatu yang tidak beres. Akan tetapi, Dr. Sophie Balzora berkata bahwa setiap orang memiliki waktu "buang" mereka sendiri, jadi tidak perlu panik jika Anda buang air besar dua kali sehari selama yang anda ingat.

4. Poop Tidak Seharusnya Mengapung Seperti Kapal
Mungkin kamu pernah mendengar bahwa poop tidak seharus nya mengapung, ternyata hal ini memang benar. Dr. Raymond mengatakan bahwa ketika poop Anda mengapung setiap kamu buang air besar, hal tersebut menandakan bahwa tubuh mu tidak menyerap minyak dan lemak dengan baik.

Jika hal ini terjadi mungkin Anda perlu untuk berkonsultasi dengan dokter pencernaan, namun poop yang mengapung sekali - sekali merupakan hal yang normal, sebab ketika kita mengkonsumsi banyak gas, hal itu bisa membuat poop mengapung, jelas Dr. Kyle Staller.

5. Poop Harusnya Bau!
Tergantung jenis makanan Anda, bau poop anda bisa berubah setiap hari. Dr. Raymond mengungkapkan "Bau yang dihasilkan pemakan tumbuhan jauh lebih baik dibanding pemakan daging". Jadi ketika bau yang di hasilkan membuat Anda muntah atau pingsan, bisa jadi itu adalah sebuah tanda bahwa sistem pencernaan anda tidak mencerna makanan nya dengan baik, segera cari dokter.

6. Beberapa Jenis Makanan Bisa Mempengaruhi Jadwal Buang Air Besar
Mungkin Anda tidak menyadari bahwa Anda terkadang buang air besar di waktu - waktu tertentu setiap hari, hal ini karena tubuh manusia berjalan seperti jam. Hanya saja anda tidak perlu panik ketika jadwal nya sedikit berubah, hal ini disebabkan karena beberapa makanan bisa mempengaruhi jam buang air besar anda.

Dr. Sam dan Dr. Balzora mengatakan bahwa makanan seperti keju yang memiliki bakteri di dalam nya bisa memperlambat sistem pecernaan. Daging seperti steak bisa sulit untuk di cerna dan menyumbat saluran, sedangkan makanan pedas, alcohol atau kopi bisa menstimulasi usus dan membuat Anda buang air besar lebih sering, sedangkan tetap menjaga pasokan air minum anda bisa membantu jadwal buang air besar lebih lancar.
7. Suasana Hati Bisa Mempengaruhi Jadwal Buang Air Besar Anda
Dr. Sam menyebutkan bahwa suasana hati bisa mempengaruhi buang air besar Anda, karena syaraf yang mengatur sistem pencernaan berada di jalur yang sama dengan otak Anda bisa mempengaruhi tubuh Anda dan membuat nya susah untuk mengatur jadwal kamar mandi.

Tentu saja, Anda mungkin menyadari bahwa ketika Anda mengalami stress, jumlah kunjungan ke kamar mandi bisa meningkat. Spesialis kesehatan dari universitas Colombia menjelaskan, ketika tubuh kita terkena stress, pencernaan akan berhenti dan pembuangan kita akan kosong.

Tubuh kita bisa mengenali rasa kegembiraan atau gelisah sebagai stress, yang menyebabkan sistem pencernaan kita untuk bertindak aktif.

8. Jangan Terus Menahan Buang Air Besar
Anda mungkin pernah merasakan ingin buang air besar, sayang nya tempat Anda berdiri saat ini tidak memungkinkan hal tersebut untuk terjadi. Menurut Dr.Raymond adalah hal yang bagus apabila memiliki kemampuan untuk menahan buang air besar hingga ke kamar mandi, tapi jangan sampai hal ini menjadi kebiasaan sehari-hari.

Dr. Balzora mengatakan bahwa ketika Anda biasa menahan buang air besar, sistem pembuangan anda akan kebingungan dan tidak bisa mengetahui kapan poop anda akan keluar. Yang pada akhir nya bisa menjadi sulit buang air besar dan masalah lainnya.

9. Jangan Beli Detox Atau Sejenisnya
Berbeda dengan yang berbagai media katakan, usus besar Anda tidak perlu dibersihkan. "Buang air besar adalah cara tubuh untuk membersihkan dirinya sendiri", menurut Dr. Balzora hal seperti pembersih atau detox tidaklah di perlukan karena usus besar sendiri sudah melakukan nya.

Dr. Staller sendiri mengatakan bahwa mencoba untuk membersihkan usus besar Anda (dengan metode dari luar seperti detox) bisa membunuh bakteri baik yang terdapat pada sistem pencernaan anda.

10. Berlama - Lama Saat Buang Air Besar Tidak Masalah, Asalkan Tidak Menghabiskan Energi
Ketika orang di kamar mandi, mereka mungkin tidak menyadari bahwa mereka bisa saja buang air besar sambil mengunakan handphone atau membaca, yang membuat mereka berfikir bahwa buang air besar membutuhkan waktu lama.

Menurut Dr. Staller, setiap orang memiliki waktu normal saat berada di kamar mandi, hanya saja perlu di ingat bahwa jangan sampai Anda kecapekan ketika mengeluarkan poop karena hal itu bisa memberikan tekanan pada sistem pembuangan Anda.

Jika Anda mengalami kelelahan sehabis buang air besar setiap waktu, coba konsultasikan pada dokter Anda.
11. Apa itu Poop?
Dengan semua pengetahuan di atas, tersisa satu pertanyaan : apa sih sebenernya poop itu? tentu saja ada sisa makanan di dalam nya, tapi apakah masih ada hal lainnya?

Dr. Sam menjelaskan bahwa poop terdiri dari serat, air, lemak yang tidak tercerna, garam, asam fosfat, makanan yang tidak tercerna, kolesterol, dan bakteri yang hidup dan mati.

Faktanya, sekitar 30% hasil pembuangan adalah bakteri yang sudah mati. Bisa juga terdapat beberapa makanan yang tidak sempat (atau tidak bisa) dicerna oleh tubuh kita seperti jagung, cereal atau makanan lain yang tinggi serat.

Itulah 11 hal yang berhasil dirangkum untuk Anda mengenai buang air besar, jadi Anda tidak perlu malu ketika mendiskusikan hal ini pada orang lain, karena hal ini justru bisa bermanfaat bagi mereka, tidak perlu merasa malu!

Penulis : Fung

sumber