.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Pendidikan Tinggi Emang Penting, Tapi Jangan lupa Tiga Hal ini


Anak saya masih kelas 8 (SMP), tetapi kami sudah banyak berdiskusi ke mana setelah ini. Teman-temannya ada yang bercita-cita kuliah di luar negeri, ada juga yang memilih universitas negeri. Sebagian besar orang tua menasihati anaknya untuk sekolah agar pintar, mendapat pekerjaan yang baik untuk hidup nyaman. Memang pendidikan penting untuk bekal mencari uang, tetapi jangan lupa ada sisi lain.

Bukan Pengetahuan Fakta Tapi Nilai
William S. Burroughs menulis, “Tujuan pendidikan adalah pengetahuan, bukan tentang fakta, tetapi tentang nilai.”  Apa gunanya seorang yang pandai, tetapi memiliki nilai-nilai yang korup?  Ia akan menjadi penjahat paling lihai.

Bukan Untuk Menentang, Tetapi Membuktikan Tuhan
Beberapa ilmuwan berkata bahwa semuanya bisa dibuktikan secara ilmiah, sehingga Tuhan tidak lagi dibutuhkan.  Tetapi Albert Einstein berkata, “Semakin saya mempelajari ilmu, semakin saya memercayai Tuhan.”,  Ilmu menjawab pertanyaan APA dan BAGAIMANA, tetapi tidak bisa menjelaskan MENGAPA semua ini ada. Pertanyaan ini membawa kita kembali pada Tuhan.
Bukan Untuk Kaya Tapi Melayani
Seorang kenalan kuliah di Amerika, lalu bekerja di Silicon Valley yang terkenal sebagai pusat IT. Ia menjadi sangat sukses, bisa membeli rumah di daerah elit, memiliki mobil mewah, dan selalu terbang menggunakan “business class.” Satu hal yang menyedihkan, ia yang tadinya rajin beribadah, kini mempertanyakan keberadaan Tuhan. Saya berkata pada anak saya, kalau bersekolah di luar negeri membuat seseorang meninggalkan Tuhan, berarti pendidikannya telah gagal. Tujuan akhir pendidikan bukan untuk mendapatkan gelar, kesuksesan karir dan kekayaan, tetapi untuk mempersiapkan kita melayani Tuhan dan sesama dengan lebih baik (EI)

Kita Harus Ingat Bahwa Intelengesia Saja Tidak Cukup. Intelegensia Ditambah Karakter - Itulah Tujuan Pendidikan Yang Sebenarnya (Martin Luther King Jr.)

Penulis : Esther Idayanti