.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Dengan Pola Pikir Baru Dapat Membuat Anda Sukses



“Kita selalu melakukannya dengan cara itu” adalah cara pandang yang berbahaya karena bila kita lakukan dengan cara yang sama, maka kita akan mendapat hasil yang sama. Padahal kita perlu maju dan bertumbuh.  Psikolog dari Standord, Carol Dweck, menyatakan bahwa kesuksesan erat hubungannya dengan pola pikir (mindset) kita.

Set Mindset vs Growth Mindset (Pola pikir tetap / Terbatas VS Pola pikir Bertumbuh)
Orang yang memiliki “set mindset” (pola pikir tetap/terbatas) akan terikat dalam “status quo”/keadaan saat ini, karena percaya bahwa karakter, intelegensia dan kreativitas mereka tidak bisa diubah.  Sedangkan orang dengan “growth mindset” (pola pikir bertumbuh) percaya bahwa kepandaian mereka meningkat ketika mereka mencoba tantangan baru.  Ternyata neuroscience membuktikan bahwa otak kita terus bertumbuh dan membangun koneksi neuron baru ketika ada stimuli. Contohnya, bila Anda tidak bisa bermain piano, lalu Anda berlatih teratur, maka otak akan membangun koneksi-koneksi baru, sehingga Anda menguasai hal itu.
Learning vs Approval (Belajar vs Persetujuan)
Kita menginginkan penghargaan dan persetujuan (approval) dari orang lain, namun hal ini kadang bisa membatasi. Orang dengan “growth mindset” lebih mementingkan belajar dari pada mendapatkan “approval.” Dengan demikian mereka tidak takut gagal. Mengapa perlu membuktikan betapa pentingnya diri sendiri, bila bisa menjadi lebih baik? Mengapa harus menyembunyikan kekurangan bila bisa mengatasinya?

Definisi Sukses
Dalam sebuah percobaan anak-anak diminta untuk memilih menyelesaikan puzzle yang mudah sehingga sudah pasti bisa, atau puzzle yang lebih sulit tapi mereka belajar tantangan baru. Anak dengan “set minset” memilih yang mudah untuk memastikan mereka sukses dan "Terlihat Pandai". Tetapi anak dengan “growth mindset” ingin mencoba karena definisi sukses bagi mereka adalah Menjadi "Lebih Pandai". Tahun baru adalah kesempatan baru untuk belajar, miliki “growth mindset” (EI)

Definisi Sukses Bukanlah Terlihat Pandai, Tetapi Menjadi Lebih Pandai

Penulis : Esther Idayanti