.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Dengan 3 Hal ini, Membuat Anda Menjadi Pemimpin Yang Lebih baik



Dalam wawancaranya, Prof. Yohanes Surya, penggagas olimpiade matematika dan fisika, berkata pada saya bahwa ia berencana memilih seorang anak dari pedalaman Papua yang komunitasnya masih memakai koteka, untuk didik sebagai calon peserta olimpiade. Ia ingin membuktikan bahwa tidak ada anak bodoh. Dan memang di bawah pimpinannya, ada anak Papua yang memenangi First Step to Nobel Prize in Physics (langkah pertama untuk Nobel Fisika) mengalahkan peserta dari 73 negara lain. Ekspektasinya pada anak-anak Papua membuat mereka berprestasi. Dalam kepemimpinan, hal ini disebut Pygmalion Effect. Ekspektasi positif seorang pemimpin pada timnya akan membuat tim tersebut memberikan apa yang diharapkan.

Takaran Yang Pas
Kalau kita memberi ekspektasi terlalu jauh di atas kemampuan tim (atau anak kita), mereka akan menyerah karena berpikir hal itu tidak realistis dan tidak bisa dicapai, sehingga hasilnya buruk.
Training
Menurut Harvard Business Review, ternyata semua kembali pada sang pemimpin. Pemimpin yang efektif memiliki keyakinan pada kemampuan dirinya untuk membangun anak buahnya: kemampuannya untuk memilih, melatih dan memotivasi anak buah. Dalam kisah Yohanes Surya, ia yakin bahwa ia bisa mendidik anak-anak Papua/ Indonesia untuk menjadi juara internasional. Apa yang Anda percaya tentang diri Anda (sebagai pemimpin atau orangtua), ternyata memengaruhi bagaimana Anda percaya pada anak buah Anda, ekspektasi Anda pada mereka, dan bagaimana Anda memperlakukan mereka.

Sabar
Pemimpin yang superior memiliki kesabaran untuk membentuk anak buahnya. Sedangan pemimpin yang rata-rata cepat memilih anak buah tetapi cepat menyerah karena menganggap bahwa yang tidak memiliki kemampuan adalah anak buah, bukan diri mereka (EI).

Perlakukan Seseorang Seperti Apa Adanya Dan Ia Akan Tetap Seperti Itu. Perlakukan Seseorang Seperti Apa Yang Ia Bisa Dan Bagiamana Seharusnya Ia Menjadi, Maka Ia Akan Menjadi Seperti Itu (Steven R. Covey)


Penulis : Esther Idayanti