.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Apakah Burn Out itu ? Ini Empat Cara Mengatasinya.


Pernah merasa seperti tenggelam perlahan tanpa merasa ada pertolongan? Burn out adalah keadaan di mana seseorang merasakan kelelahan emosional, mental dan fisik yang luar biasa, yang menyebabkan ia merasa kosong, kehilangan motivasi, merasa sendirian, tak ada harapan.  Berbeda dengan stress, orang yang stress masih bisa berpikir, “Bila semua bisa dikendalikan, saya akan merasa lebih baik.” Tetapi orang burn out sudah merasa tak tertolong.

Fokus Pada Visi Anda
Bila kita bekerja tanpa visi, dengan cepat kita akan kehilangan fokus dan merasa bahwa apa yang kita lakukan sia-sia dan tidak ada artinya. Pikirkan MENGAPA Anda bekerja, bukan sekedar APA yang harus dikerjakan. Fokuskan pada apa yang Tuhan ingin Anda capai melalui pekerjaan Anda, karena pekerjaan adalah sebuah “amanah” dari Tuhan, bukan sekedar kesibukan.
Evaluasi Ulang Tujuan Dan Prioritas Anda
Entah karena sungkan berkata “tidak” atau merasa bahwa kita mampu, kita melakukan banyak hal yang seharusnya bisa didelegasikan atau hal-hal yang sebenarnya tidak perlu dilakukan.  Melakukan sedikit hal 100% lebih baik dengan melakukan banyak hal dengan 20% pencapaian.

Kurangi Stres
Menurut Dr. David Ballard, psikolog, ketika seseorang stres, perhatiannya terfokus pada hal-hal negatif yang dianggap sebagai masalah atau ancaman. Tapi tubuh dan otak hanya didesain untuk mengatasi stres dalam jangka pendek, lalu kembali ke fungsi yang normal. Stres berkepanjangan mengakibatkan burn out.

Miliki Pola Hidup Sehat Dan Seimbang
Ada orang yang tetap bekerja walaupun telah tiba di rumah. Mereka masih sibuk dengan email dan teleponnya. Untuk pulih, Anda harus punya waktu untuk berhenti, cukup istirahat, makan sehat, lakukan hobi Anda, dan ambil waktu untuk relaks bersama keluarga dan teman (Esther Idayanti)

Ketika Saya Mendengar Seseorang Mengeluh, "Hidup Itu Berat," Saya Selalu Tergoda Untuk Bertanya, "Dibandingkan Dengan Apa?" (Sydney Harris)

Penulis : Esther Idayanti

Bookmark Artikel Inspirasi Lainnya dapat dilihat di
http://www.disiniajatempatnya.com/p/inspirasi-hidup.html