Pentingnya Orang Tua Mengenalkan Media Kepada Anak


Tahun 2003, seorang remaja berusia 16 tahun menembak dua polisi dan seorang petugas lainnya. Keluarga korban kemudian menuntut perusahan video game populer “Grand Theft Auto” yang dituduh memberi “inspirasi” bagi remaja itu. Dalam video game ini, seseorang diberi hadiah bila menyelesaikan tugasnya yaitu mencuri mobil, jual beli narkoba, memukuli PSK, dan menembak orang. Ternyata pembuat video game ini telah berkali-kali dituntut karena bermain video game ini membuat orang kebal terhadap kekerasan. Ketika mereka bosan bermain video game, mereka melakukannya di jalanan dengan senjata yang sebenarnya.
Di zaman ini, bila kita ingin membesarkan anak-anak yang baik, kita tidak bisa membiarkan mereka menonton film, mendengarkan musik, bermain game atau membaca buku yang mereka inginkan walaupun katanya untuk usia mereka. Media melakukan “brainwash” (cuci otak) tanpa terasa. Mereka menyampaikan nilai-nilai yang salah dengan sangat menarik, membuat kata-kata kotor dianggap keren, serta mengumbar seks dan sensualitas.

Biar saja kita dianggap kolot, tapi harus ada batasan konsumsi media. Cek film di www.pluggedin.ca atau www.dove.org. Cek lirik lagu yang mereka dengarkan. Bantu mereka berpikir kritis menilai media. Jelaskan, kalau Anda sedang membuat kue untuk mereka, tiba-tiba ada beberapa tahi cicak jatuh dari atas dan langsung teraduk, apakah anak-anak Anda tetap mau makan kue itu? Rasanya tetap enak. Dan tahi cicak hanya sedikit saja dibandingkan adonan lainnya. Seperti itu media (film, buku, lagu, media sosial dll), walaupun sedikit adegan sensual atau kekerasan, tetapi telah meracuni seluruh otak. Jim Morrison berkata, “Siapa yang mengontrol media, mengontrol pikiran.” Apakah kita biarkan media mendidik dan mengontrol anak-anak kita? (EI)

Robin Hood Pencuri, Putri Salju Dicium Orang Tak Dikenal, Tom & Jerry Saling Balas Dendam, Katy Perry Bernyanyi Di Neraka, Lalu Kita Binggung Mengapa Anak Kita Jadi Kacau Balau

Penulis : Esther Idayanti

Popular Search Tanggal 27 Desember 2015 : Inspirasi Hidup, Kisah Inspirasi, Motivasi, Inspirasi, Kisah pendek Inspirasi, Cerita Pendek Inspirasi, Kisah Pendek Motivasi, Cerita Motivasi Hari ini, Motivasi Hari ini, Motivasi Pagi, Inspirasi Pagi, One Minute Inspirations, Renungan Harian, Renungan Hari ini