Mencegah Pernikahan Memburuk, Lakukan 3 Hal Positif ini


Mengapa beberapa pernikahan bahagia dan yang lainnya hambar? Bagaimana mencegah sebuah pernikahan memburuk?  John dan Julie Gottman melakukan penelitian dan mereka bisa memprediksi apakah pasangan akan tetap bersama dengan bahagia atau tidak, hanya dengan mendengarkan pasangan itu berbicara selama tiga jam. Akurasi prediksi mereka mencapai 91%.  Menurut mereka, pasangan yang bahagia memiliki lima kali interaksi positif untuk setiap satu kali interaksi negatif. Contohnya bila Anda melontarkan satu kritikan, maka Anda harus memberikan lima kali pujian, dorongan, pertolongan, dll.  Interaksi negatif termasuk bersikap sinis, merengek, merendahkan, rasa tidak puas, perfeksionis, sangat sensitif dll. Sebaliknya, lakukan:

Pujian
Pikirkan apa yang baik dari pasangan Anda. Tidak perlu menunggu sampai ia sempurna baru memujinya, tetapi puji usahanya. “Saya senang kamu berusaha sungguh-sungguh untuk menyediakan waktu bermain bersama anak-anak.”  “Makin lama masakanmu makin enak.”  “Senyummu manis sekali.” Pujian memberikan rasa aman, dan meningkatkan harga diri seseorang. Biasakan memberikan pujian-pujian kecil setiap hari.  Kata pepatah, beri pujian dengan suara lantang dan nyatakan kesalahan dengan berbisik.
Terima Kasih
Ucapan ini membuat seseorang merasa dihargai.  Mary Kay Ash berkata bahwa ada dua hal yang orang inginkan lebih dari seks dan uang, yaitu penghargaan dan pujian. “Terima kasih sudah mengajak kami liburan.”  “Terima kasih sudah membantu anak-anak belajar, walaupun kamu lelah.” Katakan terima kasih saat ia membukakan pintu, menyiapkan sarapan & hal-hal yang nampaknya biasa.

Nostalgia
Ingatkan saat-saat istimewa, kencan pertama, hal-hal lucu yang terjadi, dll. Datangi tempat itu kembali. Ukir hal-hal indah di atas batu seperti sebuah prasasti dan tulis hal-hal negatif di atas pasir yang segera tertiup angin. Ciptakan pernikahan yang positif (EI)

Dorong Apa Yang Anda Sukai, Daripada Mengkritik Apa Yang Anda Benci

Penulis : Esther Idayanti

Popular Search Tanggal 24 Desember 2015 : Inspirasi Hidup, Kisah Inspirasi, Motivasi, Inspirasi, Kisah pendek Inspirasi, Cerita Pendek Inspirasi, Kisah Pendek Motivasi, Cerita Motivasi Hari ini, Motivasi Hari ini, Motivasi Pagi, Inspirasi Pagi, One Minute Inspirations, Renungan Harian, Renungan Hari ini