Keserakahan Bukanlah Masalah Finansial, Tetapi Masalah Hati


Orang sering salah mengutip, “uang akar segala kejahatan.” Sebenarnya bukan “uang” tetapi “cinta akan uang” menjadi akar semua kejahatan. Seperti barang lainnya, (pensil, api, dll) uang adalah hal netral yang bisa digunakan untuk hal-hal yang baik. Kekayaan sama sekali tidak buruk. Tetapi “cinta akan uang” menjadi jerat bagi banyak orang.
Orang yang cinta uang mengejar semua kesempatan untuk mendapatkan dan mempertahankannya. Mirip seperti orang kecanduan, di mana “cukup” tidak lagi cukup bagi mereka. Kata favorit mereka adalah “lebih lagi.” Tujuan mereka bukan menjadi kaya, tapi lebih kaya. Tidak heran bila ada goncangan ekonomi, orang macam ini bisa mengalami stres berkepanjangan. Di dasar hati mereka, uang, bukan Tuhan, menjadi pegangan rasa aman.

Mahatma Gandhi pernah berkata, dunia dapat mencukupi kebutuhan tiap orang, tetapi bukan keserakahan tiap orang. Tidak semua yang Anda inginkan adalah kebutuhan Anda. Anda sukses dalam hidup bila semua yang Anda inginkan adalah apa yang benar-benar Anda butuhkan, kata Vernon Howard. Fokuskan hidup pada hal-hal yang kekal, yang tidak dapat dicuri dari hidup Anda. Lepaskan semua kekhawatiran, ketakutan dan ikatan uang dengan memberi untuk kegiatan keagamaan dan kemanusiaan. Banyak hal yang lebih penting dari uang. Miliki uang, tapi jangan sampai uang memiliki Anda (EI).

Keserakahan Bukanlah Masalah Finansial, Tetapi Masalah Hati(Andy Stanley)


Penulis : Esther Idayanti