.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Jangan Biarkan Orang Lain Membuat Keputusan Untuk Anda


Mantan Presiden Ronald Reagan pernah dibawa bibinya untuk membuat sepatu. Pembuat sepatu itu bertanya pada Reagan yang saat itu masih muda, “Kamu ingin ujung yang kotak atau bulat?” Karena tidak dapat memutuskan, Reagan tidak menjawab.  Jadi pembuat sepatu itu memberi beberapa hari untuk Reagan membuat keputusan, kemudian bertanya hal yang sama. Tetapi Reagan belum juga memutuskan. Jadi, pembuat sepatu itu berkata, “Baiklah, datanglah kembali beberapa hari lagi, sepatumu sudah jadi.” Ketika Reagan mengambil sepatunya, ternyata satu sepatu berujung kotak dan yang satu lagi bulat!  “Hal ini mengajar kamu supaya tidak membiarkan orang lain membuat keputusan bagimu,” kata pembuat sepatu itu. Merefleksikan pengalaman ini, Reagan berkata, “Kalau Anda tidak membuat keputusan, orang lain akan membuat keputusan bagi Anda.”
Tidak Memutuskan Adalah Sebuah Keputusan
Jarod Kintz berkata bahwa ketika diperhadapkan dengan dua pilihan yang sulit, kebanyakan orang memilih opsi ketiga yaitu: tidak memilih!  Tetapi tidak memilih berarti menyerahkan konsekuensi pada orang/situasi yang tidak kita kuasai. Lebih baik memilih dengan mempertimbangkan konsekuensinya lalu bersiap-siap mengahadapinya, dari pada tidak memilih dan sama sekali tidak siap.

Tidak Bisa Mendapatkan Semuanya
Memilih satu jalan, berarti meninggalkan jalan yang lain, yang tidak akan pernah kita ketahui. Dari pada terus penasaran bagaimana jalan yang satunya, lebih baik Anda pikirkan apa yang bisa meningkatkan pilihan Anda saat ini. Bila sesuatu hal tidak terjadi dengan lancar, bukan berarti Anda salah memilih, bisa jadi karena ada hal yang tak diharapkan terjadi. Memilih untuk berlibur ke Bali, ternyata terhalang erupsi gunung Rinjani. Apa boleh buat. Tetapi Anda sudah memutuskan berdasarkan pertimbangan terbaik saat itu. Jadi, jangan ragu memutuskan!

Jangan Biarkan Orang Lain Membuat Keputusan Untuk Anda, Karena Mereka Tidak Akan Menanggung Konsekuensinya.


Penulis : Esther Idayanti