Hilangkan 3 Rasa Bersalah Dengan Cara Ini


Salah satu rasa bersalah yang pernah saya alami adalah ke salon untuk potong rambut setelah terlibat dalam usaha menolong para korban tsunami di Aceh. Saat itu LSM tempat saya bekerja menolong para korban. Setelah sekian lama melihat foto mengerikan dari lapangan, mendengar banyak kisah tragis, dan melihat sulitnya situasi para korban, saya merasa bagaimana saya bisa hidup nyaman padahal ratusan ribu orang menderita?

Macam-macam penyebab rasa bersalah: ada orang yang merasa bersalah karena makan ice cream, ada ibu bekerja yang merasa bersalah pada anak-anaknya, ada pula rasa bersalah karena alasan yang serius seperti berselingkuh atau membunuh.  Apapun penyebabnya, perasaan ini sangat berbahaya bila dipelihara, karena menyebabkan gelisah, depresi, pelarian (narkoba dll), bahkan bunuh diri. Bagaimana menghilangkannya?
Rasa Bersalah Karena Perbuatan Kita
Rasa Bersalah Karena Perbuatan Kita hanya bisa dibereskan dengan pengakuan, minta ampun pada Tuhan, minta maaf pada orang yang dirugikan, berusaha memperbaiki kesalahan, dan membayar kembali kerugian. Tidak ada kata terlambat. Lebih baik meminta maaf setelah puluhan tahun berlalu untuk membersihkan hati nurani Anda, dari pada seumur hidup terganggu beban yang berat.

Rasa Bersalah Yang Keliru,
Contohnya rasa bersalah yang saya alami tadi, atau rasa bersalah seorang anak mendapat nilai 9 padahal orangtua menuntut nilai 10. Atau, rasa bersalah karena dimanipulasi oleh orang lain yang mengalihkan tanggung jawabnya pada Anda. Rasa bersalah ini sulit, karena Anda tidak bisa memperbaiki kesalahan yang sebenarnya tidak Anda perbuat. Jadi miliki perspektif yang benar, atau arahkan kesalahan pada pelaku/keadaan sebenarnya,  dan jangan mau dipersalahkan.

Tuhan telah Mengampuni ketika Anda memohon pada-Nya, Mengapa Anda tidak bisa mengampuni diri sendiri?

Tuhan Mencintai Anda Dalam Saat Yang Paling Gelap. Menghibur Anda Dalam Keadaan Yang Paling Kelam. Mengampuni Anda Dalam Kegagalan Yang Paling Fatal(Jarrid Wilson) 

Penulis : Esther Idayanti