Cara Menghadapi Orang Sociopath (Seseorang Tidak Memiliki Hati Nurani dan Kemampuan Berempati)



Media saat ini dipenuhi berita persidangan “papa minta saham,” dan fakta menyatakan bahwa bukan sekali ini saja yang bersangkutan terlibat dalam kasus korupsi, namun ia selalu lolos dan berhasil mengulangi perbuatannya. Memang ada beberapa orang yang tidak memiliki rasa menyesal atau malu. Mereka tidak bisa terima bila dipersalahkan atas perbuatan mereka yang merugikan orang lain. Mereka membenarkan diri dan mempersalahkan orang lain untuk perbuatannya. Selain itu, mereka tidak menghargai  aturan sosial, nilai-nilai dan moral. Kalau mereka berselingkuh, itu karena pasangan mereka tidak memperlakukan mereka dengan baik. Kalau mereka mencuri, itu karena salah pemilik barang yang tidak menyimpan dengan baik. Kalau mencuat kasus “papa minta saham”, itu karena karena kesalahan orang yang melapor!

Dalam psikologi mereka adalah “sociopath”, yaitu seseorang yang tidak memiliki hati nurani dan kemampuan untuk berempati. Bagaimana bila Anda harus berhadapan dengan orang macam ini dalam keluarga atau di tempat kerja? Percuma Bicara "Benar" Atau "Salah"
Karena mereka memahami hidup dalam kerangka “kekuasaan” untuk mendapatkan apa yang dinginkan: uang, kedudukan, seks, dll.  Tujuan hidup mereka adalah untuk menang bagaimanapun juga caranya.

Jangan Termakan
Jangan Termakan tuduhannya bahwa Andalah yang bersalah atau memiliki kewajiban untuk selalu selalu menolongnya. Jangan mudah tersanjung karena mereka menggunakannya untuk memanipulasi.

Jauhi
Mencoba menyembuhkan socipath adalah hal yang sia-sia. Terima saja kenyataan bahwa ada orang yang tidak punya hati nurani. Lebih baik Anda melanjutkan hidup dan mengejar tujuan Anda, tanpa menyimpan sakit hati. Seharusnya Anda kasihan pada mereka, karena kebahagiaan hidup bersumber dari kemampuan untuk mencintai, dan para sociopath tidak memilikinya. Dalam menghadapi para sociopath

Beri Tapi Jangan Biarkan Diri Anda Dimamfaatkan. Kasihi Tapi Jangan Biarkan Diri Anda Disakiti. Percaya Tapi Jangan Jual Diri Anda (Pauolo Coelho) 

Penulis : Esther Idayanti