Teladan Bagus Akan Menghasilkan Hasil Yang Bagus


Kota Monterey di California menjadi tempat favorit bagi pelikan, karena setelah para nelayan membersihkan ikan, mereka melemparkan jeroannya pada para pelikan. Pelikan-pelikan itu menjadi gemuk dan malas. Hingga suatu saat, jeroan ikan pun diproses sehingga tidak ada lagi yang diberikan pada pelikan. Pelikan-pelikan itu tetap menunggu dan beberapa mati kelaparan karena mereka tidak tahu lagi bagaimana mencari ikan. Akhirnya dicari penyelesaian dengan cara mengimpor pelikan yang biasa mencari ikan. Mereka ditempatkan di tengah pelikan yang kelaparan, dan pelikan-pelikan itu mulai mencontoh rekannya mencari ikan.

Pentingnya Contoh
Kita semua butuh “role model” atau teladan, sehingga kita bisa berkata, “Kalau dia bisa, saya juga bisa.” Tanpa disadari, orang juga memerhatikan kehidupan kita. Tindakan kita menjadi inspirasi dan motivasi bagi orang lain. Kadang tanpa bicara, orang mengerti dan mereka mulai berubah.  Lampu tidak perlu berbicara, karena ia bersinar.

Cinta Dan Contoh
Sebuah survey menyatakan bahwa ternyata hanya 39% remaja berkata ingin seperti orangtuanya. Sisanya mungkin berkata, “Saya mencintai orangtua saya, tetapi saya tidak mau menjadi seperti mereka.” Namun demikian, penelitian mengatakan bahwa kehidupan orangtua saat ini menjadi penentu bagaimana masa depan anak mereka nantinya. Sadar atau tidak, anak-anak “mengulangi” perilaku orangtuanya.

Memimpin Dengan Contoh
Ketika seorang pemimpin berkata satu hal, tetapi melakukan hal yang lain, maka kepercayaan anak buah akan luntur, karena dasar kepemimpinan adalah kepercayaan.  Orang bersedia dipimpin oleh orang yang mereka percayai.

Tindakan Lebih Lantang Dari Perkataan
Jadilah perubahan yang Anda ingin lihat dalam hidup orang lain. Jadilah yang pertama untuk memulai perubahan yang Anda inginkan dalam dunia ini


Dunia Diubah Dengan Teladan Anda, Bukan Dengan Opini Anda (Paulo Coelho)

Penulis : Esther Idayanti