Chief Happines officer (CHO)


Salah satu jabatan penting di Google selain CFO (Chief Financial Officer) dan COO (Chief Operation Officer), adalah CHO atau Chief Happiness Officer! Beberapa perusahaan kini serius memikirkan “happiness” para karyawannya. Para pemimpin perusahaan menyadari bahwa karyawan adalah manusia dengan perasaan, bukan sekedar sumber daya saja. Bila mereka bahagia di tempat kerja, maka kreativitas dan produktivitas meningkat, stress dan frekuensi karyawan berhenti kerja menurun, sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan lebih besar. Karena itu IKEA pusat membuat perang bantal antara pengunjung dan karyawan di bagian ranjang. Lalu karyawan bagian lemari bersembunyi dalam lemari untuk mengagetkan pengunjung "Hallo, ada yang bisa saya bantu?"

BAHAGIA DI TEMPAT KERJA itu penting, karena kita menghabiskan waktu terbanyak setelah tidur, adalah bekerja. Ada orang berpikir, saya kerja banting tulang mengejar posisi dan gaji dulu, setelah mendapatkannya pasti saya bahagia. Ternyata tidak. Bekerja hanya demi mengejar sukses tidaklah membahagiakan.

KEBAHAGIAAN DI TEMPAT KERJA BERPENGARUH PADA KEBAHAGIAAN HIDUP. Menurut survey tiga sumber kebahagiaan terbesar adalah hubungan romantis, teman dan pekerjaan yang berarti. Memang tidak setiap hari menyenangkan, tetapi pada dasarnya Anda meniati pekerjaan Anda.

BUKAN KEPUASAN, TAPI KEBAHAGIAAN. Mungkin gaji dan fasilitas memuaskan, tetapi kadang karyawan masih tidak bahagia. Menurut Alexander Kjerulf, resep kebahagiaan adalah RESULT dan RELATIONSHIP. Anda merasa bangga karena menghasilkan sesuatu (result), dan Anda menyukai rekan-rekan kerja Anda (relationship). Bagi Anda yang sedang mencari kerja, pilih tempat kerja di mana Anda bisa memberi kontribusi (result) dan ada suasana kerja menyenangkan (relationship), lebih dari posisi dan gaji yang tinggi. Enjoy your work! (EI)

Jika Sebuah Pekerjaan Membuat anda senang, Hidup anda adalah suka cita. Bila Pekerjaan anda udah menjadi Tugas Anda. Hidup anda adalah perbudakan (Maxim Gorky)

Penulis : Esther Idayanti