Mantan lagi, Mantan Lagi, Move on Donk....


Ada Sebuah joke entah benar entah salah tentang Hillary Clinton. Suatu saat ia dan suaminya mengisi bensin. Ternyata petugas di SPBU tersebut adalah mantan pacar Hillary.  Dengan sedikit menyindir, mantan presiden Clinton berkata, “Untung kamu menikah denganku, kalau tidak, kamu hanya menjadi isteri seorang petugas SPBU.”  Tetapi dijawab sang isteri, “Kalau aku menikah dengannya, ia yang akan jadi presiden, bukan kamu!”

Urusan soal mantan memang kadang membingungkan.  Enaknya bagaimana?

Tidak Perlu di bahas lagi. 
Bicara tentang masa lalu tidak akan membawa hubungan Anda bertambah maju, justru bisa memicu kecemburuan dan pertikaian yang tidak perlu.  Kadang kita merasa ingin tahu dan bertanya tentang mantan-mantannya. Tetapi bila ia menjawabnya, apakah kita siap menerima jawabannya?  Jadi, paling tepat adalah tidak perlu lagi ada diskusi soal ini. Yang lalu biarlah berlalu.

Tidak perlu Menyesal.  
Kata pepatah, di balik seseorang yang sukses, ada mantan yang menyesal.  Tetapi pernyataan ini sebenarnya keliru.  Karena, seseorang terbentuk oleh berbagai macam kejadian dan orang-orang yang bersama dengannya.  Memilih si A atau si B, tentunya mengubah pilihan seseorang dan membelokkan jalan hidupnya ke arah yang lain akibat pilihan-pilihan tersebut.  Jadi maaf saja, bila ia bersama Anda, belum tentu ia menjadi seperti yang sekarang!

Tidak perlu Membanding-bandingkan. 
Jangan katakan “Dia sekarang sangat berhasil loh,” atau “Dulu dia selalu bukakan pintu mobil.”  Jangan jadikan pasangan Anda sebagai pilihan kedua, dengan ingin mengubahnya seperti mantan Anda.  Lihatlah suami/isteri Anda sebagai pribadi yang utuh dan bukan perwujudan dari mantan-mantan yang dulu.

Tidak perlu Terlalu Dekat.  
Tidak perlu menjalin hubungan yang terlalu akrab karena akan membuat Anda berpikir  bahwa hubungan itu sebenarnya bisa berjalan. Hal ini justru menghalangi kedekatan Anda dengan suami/isteri Anda (EI).

Jangan Minta Kami Mencari X Mu. Dia Udah pergi dan tidak akan kembali

Penulis : Esther Idayanti
image : betterafter50.com