Berdoa Bagi Bangsa Indonesia


Soekarno pernah berkata, “Kekuasaan seorang presiden ada batasnya.  Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat.  Dan di atas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.”  Bila memang kita percaya kekuasan Tuhan atas bangsa ini, mengapa kita tidak berdoa pada-Nya untuk bangsa ini?

Berdoa Bagi Para Pemimpinnya
Pemimpin bangsa membuat keputusan dan menetapkan perundang-undangan yang besar pengaruhnya dalam kehidupan kita. Doakan para pemimpin kita (dari presiden hingga pemimpin di daerah tempat tinggal Anda) agar Tuhan memberikan hikmat dan kekuatan untuk memimpin bangsa ini.  Yang penting juga agar mereka memiliki keberanian untuk melakukan kebenaran dan hidup dengan penuh integritas.

Berdoa Bagi Kesatuan
Saya masih ingat bau ban terbakar di tengah jalan saat kerusuhan 1998. Jakarta sepi seperti kota hantu dan keadaannya mirip perang! Jangan sampai terjadi lagi. Apalagi mudah sekali untuk memecah belah bangsa yang majemuk ini dengan menyinggung SARA (suku, agama, ras). Doakan agar Tuhan menyingkirkan orang-orang yang ingin mengacaukan bangsa ini. Doakan untuk keamanan negara dan kerukunan penduduknya.

Berdoa Untuk Moral Bangsa
Di Belanda, orang diperbolehkan menghisap narkoba di cafe. Di USA, pendeta dipenjara karena tidak mau menikahkan pasangan homoseksual. Jangan pikir negara kita aman dari degradasi moral. Sering saya menerima sms "Ingin dipuaskan, invite cewe sexy PIN..."  Seks bebas di antara pelajar 14-19 th mencapapi 41.8% dan aborsi di kalangan pelajar 700.000 per tahun (BKKBN 2013). Kita perlu doakan agar bangsa ini hidup sesuai dengan moral "Ketuhanan Yang Maha Esa."

Masalahnya bukanlah doa yang tidak dijawab, tetapi tidak ada doa-doa yang dinaikkan! Apakah Anda mengingat bangsa ini dalam doa-doa Anda setiap hari?  Berdoa bagi bangsa adalah salah satu bentuk nasionalisme kita (EI)

Beberapa Orang Berdoa Hanya Bila Mereka Mengalami Krisis. Sebenarnya Itulah alasan Mereka Mengalami Krisis (Wah Lok Ng)

Penulis : Esther Idayanti
image : www.perkantasjatim.org