.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Apakah Anda Pemimpin Tegas atau Bossy ?


Kalau pemimpin pria memberi perintah bahkan dengan sedikit keras, orang bilang ia tegas. Tetapi kalau pemimpin perempuan memberi perintah dan mengatur, kata orang dia “bossy.”  London Business School bertanya pada 2,218 manajer perempuan apakah mereka pernah dibilang “bossy” dan 54% dari mereka menjawab pernah.  Tetapi sebenarnya ada juga atasan pria atau rekan sekerja yang dibilang bossy.  Arti kata bossy adalah seseorang yang berpikir bahwa ia punya otoritas lalu menggunakan otoritas yang bukan bagiannya/miliknya itu.  Jadi bagaimana meresponinya?

1. Tegas Tetapi Hormat
Nancy Friedberg presiden dari Career Leverage berkata, “Pemimpin yang efektif baik pria maupun wanita, adalah orang yang asertif dan kuat, namun tetap menghormati orang lain.” Menurutnya, “Mereka bisa menunjukkan masalah dan kesalahan, dengan tetap mempertahankan martabat orang lain.”  Anda bisa tegas tanpa tanpak galak, judes, emosional dan merendahkan orang.

2. Belajar Memotivasi
Boss yang baik bisa memotivasi orang supaya produktif, tetapi bukan karena ditekan dan dipaksa, melainkan karena mereka termotivasi dari dalam. Karena itu mereka tidak merasa bahwa atasanya bossy. Beri arahan yang jelas, supaya anak buah dapat berjalan tanpa harus berulang kali diperintah/diingatkan, dan beri mereka kebebasan untuk mewujudkannya.


3. Ketahui Batas Dan Keseimbangannya
Pemimpin yang sukses tahu bagaimana menggunakan posisinya tanpa berlebihan (diktator, menuntut dll), dan menggunakan pengaruhnya tanpa menjadi lemah (berusaha semua orang menyukainya, menjilat dll).

Kata Beyonce “I’m not bossy. I’m the boss.”  Kalau Anda memang boss-nya, jangan takut dibilang bossy, gunakan otoritas Anda dengan bijak untuk mencapai tujuan dan “get things done”! (EI)

Kepemimpinan Adalah Seni Membuat Orang Lain Mengerjakan Sesuatu Yang Anda Inginkan Karena Ia Ingin Mengerjakannya. (Dwight Eisenhower) 

Penulis : Esther Idayanti
image : runapptivo.apptivo.com