.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Tips Kembali Bekerja Setelah Liburan Panjang


Liburan memang menyenangkan, tetapi kembali bekerja setelah liburan panjang sangat menguras energi, sehingga kita pikir kita perlu berlibur lagi.  Ada setumpuk berkas harus diperiksa , inbox email penuh, sederet “things to do” yang tertunda gara-gara liburan. Berikut ini beberapa tips:

1. Sehari Di Muka
Tibalah sehari sebelum Anda masuk kerja, sehingga Anda punya waktu untuk membongkar koper, 
membereskan rumah, bahkan beristirahat sehari di rumah untuk mempersiapkan diri.  Dengan demikian Anda tidak merasa terburu-buru.

2. Bertahap
Ambil waktu untuk merapikan meja, lalu membuat prirotas mana yang harus dilakukan.  Tidak perlu baca semua email di inbox Anda, tetapi hapus semua yang tidak perlu (promo dll), baca yang terpenting mengenai proyek yang sedang berjalan, baru sisanya dibaca bertahap. Jangan berharap Anda dapat menyelesaikan semua pekerjaan yang tertunda dalam satu hari itu. Secara realistis, mengejar ketinggalan juga butuh waktu.  

3. Jangan rapat di luar kantor
Sebaiknya tidak membuat janji pertemuan di luar kantor karena meeting di luar menambah stres, padahal surat, email, laporan, dll banyak menumpuk di meja. Hari pertama untuk membuat prioritas, rencana, dan berjumpa rekan dan atasan di kantor, supaya mereka juga tahu Anda sudah kembali bekerja.

4. Santai dulu di hari pertama
Sebaiknya pulang kerja tepat waktu, tidak perlu lembur hingga tengah malam sambil menyesali mengapa Anda libur begitu lama.  Sebaliknya rencanakan hal yang fun setelah pulang kerja, seperti menonton TV, makan dengan teman, dll. Hari pertama kerja bisa dilalui dengan menyenangkan dengan cara mengingat hal-hal berkesan saat liburan, dan menyadari bahwa liburan itu telah membangkitkan kembali semangat dan kekuatan Anda untuk bekerja hingga liburan tahun depan (EI)


Kesalahan terbesar adalah percaya bahwa anda bekerja untuk orang lain.. Ingat: Pekerjaan dimiliki oleh perusahaan, tetapi anda yang memiliki karir anda sendiri. (Earl Nightgale)

penulis : Esther Idayanti
image : www.emjeshop.com