.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Kencan (TTM) vs Pacaran


Kakek nenek saya menikah karena dijodohkan oleh orang tuanya.  Kakek saya datang bertamu, dan nenek saya diminta menyuguhkan minuman.  Keduanya berkenalan lalu menikah dengan restu orang tua. Itu zaman dahulu.  Zaman sekarang, cowo bertemu cewe, cowo suka pada cewe (cantik, sexy, pintar bergaul, dll), cowo mengajak cewe pergi. Mereka “jadian”, artinya bisa bermesraan (kadang sampai terlalu jauh). Hingga suatu saat merasa tidak cocok atau bertemu yang lebih menyenangkan. Proses dimulai dari awal, tidak ada urusannya dengan pernikahan dan orang tua.  Itu proses Kencan. Tetapi menurut saya ada proses yang lebih baik, yaitu Pacaran.

Beda Tujuan
Dalam Pacaran keduanya serius melihat apakah merupakan kehendak Tuhan bagi mereka untuk menikah.  Hubungan ini di bawah pengawasan orang tua atau mentor, dan dalam hubungan ini mereka fokus untuk membangun persahabatan yang dalam, yang mungkin berakhir dengan pernikahan. Pacaran dilakukan bila keduanya siap untuk membuat komitmen pernikahan. Tetapi Kencan tidak ada urusannya dengan menikah, mereka hanya mau bersenang-senang, tidak peduli keluarga setuju atau tidak, ada masa depan atau tidak, yang penting “saling suka.”

Godaan
Godaan saat Kencan sangat besar.  Mereka mencari kesenangan pribadi, terlibat emosi dan fisik secara dalam, yang seharusnya hanya diperuntukkan untuk orang yang menikah. Sedangkan pacaran memiliki aturan kesopanan, yang akan dicek oleh orang tua/mentor dari calon pasangan itu.

Syarat
Kencan didasari rasa tertarik secara fisik (cantik, keren, pintar dll), tetapi Pacaran mengecek kesetaraan dalam fisik, emosional, intelektual dan spiritual.  Buat para jomblo, kalau ada seseorang yang menarik, jangan buru-buru dikencani, biar pun keren tapi belum matang spiritualnya dan tidak stabil emosinya, hidup Anda nantinya akan ikut berantakan. Be wise! (EI)

Tuhan adalah Cinta kasih. Masuk akal bila harus datang Kepada-NYA untuk menemukan siapa yang kita akan nikahi.


Penulis : Esther Idayanti
image : phermalabs.com