Review Game Android : Clash of Clans

Disiniajatempatnya, Android game yang akan dibahas kali ini adalah game Clash of Clans yang didevelopori oleh Supercell. Game ini adalah game strategi yang memiliki pertempuran benturan antar klan, membangun desa, melatih pasukan dan bertempur dengan jutaan pemain lain secara online.
Tampilan Awal Game
Di awal game Anda akan dipandu sebentar untuk memahami bagaimana game berjalan, jika Anda memiliki account google ada baiknya login untuk bisa menyimpan hasil atau save game.
Tampilan Pertempuran
Di dalam pertempuran Anda akan diminta untuk mengerahkan pasukan dengan mengklik tanah diluar area merah berkali-kali supaya pasukan dapat menyerang. Setiap pertempuran pasukan yang telah dikerahkan tidak akan kembali lagi.
Tampilan Kemenangan
Dalam setiap pertempuran menang atau kalah akan bisa mendapatkan gold maupun elixir asalkan tempat penyimpanan gold maupun elixir telah diserang, dan Kemenangan bisa diraih hanya dengan menghancurkan markas.
Tampilan Barrack
Barrack bisa merekrut pasukan dan setiap kenaikan level akan membuka jenis pasukan yang baru yang memiliki kegunaan dan kekuatan yang berbeda, diperlukan elixir untuk merekrut pasukan.
Tampilan Map Pertempuran
Kita dapat bertempur dengan para goblin dan diharuskan untuk mengalahkan tiap pos untuk bisa membuka pos berikutnya. Terdapat juga Multiplayer yang bertujuan untuk mencari lawan atau pemain lain yang cocok untuk diserang, berhati-hati menyerang pemain lain diawal game dapat membuka proteksi desa sendiri dan dapat diserang pemain lainnya.
Tampilan Pos Goblin Forest
Strategi pos goblin forest hanya diperlukan beberapa barbarian untuk melumpuhkan archer tower, sisanya bisa dihancurkan untuk mendapat kemenangan.
Tampilan Achievements
Di dalam Achievements Anda akan diminta untuk menyelesaikan beberapa tugas yang bisa mendapat hadiah beberapa exp dan gems.

Tampilan Shop
Apabila Anda merasa kekurangan elixir maupun gold, Anda bisa membelinya dishop. Tentunya dibutuhkan gems yang pada awal game Anda akan diberi sebanyak 300 gems gratis. Shop juga merupakan tempat membeli berbagai bangunan maupun dekorasi.
Tampilan Pos Golbin Outpost
Di Goblin Outpost Anda bisa mengerahkan antara enam atau delapan barbarian terhadap dua meriam yang ada untuk mencapai kemenangan.
Tampilan Pos Rocky Fort
Di Rocky Fort Anda bisa mengerahkan antara dua belas atau empat belas barbarian untuk menghadapi dua meriam yang ada di bawah dan kirim sisa barbarian yang ada untuk meriam yang ada di atas.
Tampilan Pos Goblin Gauntlet
Di Goblin Gauntlet Anda dengan mudah bisa mengerahkan antara enam atau delapan barbarian untuk menghadapi dua meriam yang ada, dan disini akan diperlihatkan adanya jebakan bom di pintu masuk ke markas.
Tampilan Pos Cannonball Run
Di Cannonball Run Anda bisa kerahkan enam atau tujuh untuk menyerang tiap meriam, bisa dilihat bahwa akan terdapat pagar yang melindungi meriam tapi jangan khawatir barbarian akan mampu untuk menembusnya.
Tampilan Pos Two Smoking Barrels
Pos Two Smoking Barrels akan memiliki dua meriam didepan dan dibelakang, sekali lagi kerahkan barbarian untuk menghancurkan kedua meriam tersebut untuk memenangi pos two smoking barrels.

Tampilan Pos Gold Rush
Di Gold Rush Anda akan membutuhkan setidaknya tiga puluh archer yang akan disebar untuk menghancurkan empat meriam yang ada diempat sisi yang berbeda.

Tampilan Pos Maginot Line
Di Maginot Line akan ada dua meriam dan satu meriam besar, anda bisa menghancurkan meriam besar dengan pertama-tama kerahkan satu atau dua archer di bawah kiri nya dan langsung kerahkan delapan atau sepuluh archer di depan meriam besar. Dua meriam lainnya bisa dihancurkan dengan barbarian tetapi karena ada jebakan bom kirim terlebih dahulu satu atau dua barbarian.

Tampilan Pos Rat Valley
Di Rat Valley akan terdapat tiga meriam, kerahkan barbarian enam atau delapan untuk setiap meriamnya. Jangan kerahkan seluruhnya dibawah karena jalan menuju markas penuh jebakan bom, jika ingin mengirim sisa pasukan kirimlah dari atas.

Tampilan Pos Brute Force
Di Brute Force akan sedikit susah karena dua meriam yang ada terlindungi oleh dua pagar, kerahkan masing-masing enam atau tujuh archer untuk menghancurkan pagar disudut terluar dan apabila pagar pertama terbuka kirim seluruh barbarian dari dua sisi.

Di Clash of Clans akan diperlukan berbagai strategi di pos-pos yang memiliki pertahanan yang sulit. Berbagai tips untuk mengalahkan pos-pos tersebut banyak terdapat di youtube, tetapi level mereka sudah cukup tinggi dan pasukan yang dikerahkan juga berbeda. Jika memiliki kesulitan untuk melewati pos dikarenakan meriam, anda bisa menunggu untuk mendapatkan balloon yaitu pasukan level 6 barrack. Clash of Clans adalah strategi game yang adiktif dan kompetitif, jika Anda menyukai game strategi cobalah untuk memainkan game ini.

Game ini dapat di download di playstore