Cara Setting Mikrotik Untuk WIFI Dengan Wifi Router / Access Point Di Warnet

Saya kembali untuk membuat Tutorial Setting Mikrotik untuk Wifi Dengan Wifi Router / access point di warnet. Dengan perkembangan jaman banyak perangkat mulai dari Laptop, smartphone dan tablet membutuhkan wifi untuk koneksi ke internet. Biasa kita sebagai pemilik warnet mau pake wifi untuk pribadi dan bisa mengakses komputer server dengan jaringan lokal dangan menggunakan smartphone. Nah disini tutorial bukan untuk wifi di jual / Hotspot ini cuma setting wifi private di mikrotik di pake pribadi menggabungkan 2 jaringan berbeda.

IP->Address
Bisa liat di diatas Untuk jaringan lokal ke warnet ip yang di gunakan 192.168.0.10 berarti ip lokal mikrotik 192.168.0.10 nah hebatnya mikrotik ini bisa di set lebih dari 1 IP. nah biasa wifi router contoh merek tplink ip lokal 192.168.1.254 dan biasa udah di set DHCP (auto set ip) dan Wifi ini di colok ke HUB. nah berarti disini kita harus menambahkan dengan ip alamat berbeda dengan ip lokal sebelumnya karena 192.168.0.10 udah di pake kita pakai 192.168.1.1 kenapa bisa di bedakan karena biasa DHCP auto di mulai dari 192.168.x.101-blabala tergantung settingannya juga. nah maklum banyak pemula jadi kita ikut default dari wifi accesspoint itu. nah biar ndak bentrok sama Client warnet yang udah di set secara manual.

Dengan Demikian mikrotik dengan wifi lokal kita bisa jadi 1 dengan catatan IP di set static di perangkatnya contoh di Smartphone saya sendiri

Ip Lokal di set sesuai dengan Warnet dengan settingan diatas

Ambil film di lokalan HDD server
Demikian Sedikit Cara setting Mikrotik untuk WIFI dengan WIFI Router / Accesspoint semoga bermamfaat. ^^