Cara Setting Mikrotik Untuk CCTV Warnet

Disiniajatempatnya, Saya kembali mau membuat tutorial setting mikrotik untuk CCTV. Kenapa sekarang harus ada CCTV karena marak perampokan, pencurian isi komputer, pencurian billing dan sebagainya.
Hal pertama yang di butuhkan adalah IP Tetap kalau anda sekalian tidak dapat IP tetap dari Telkom maka anda bisa IP monitoring speedy untuk mendapatkannya.

IP Public Anda di Menu IP > Address
Bisa di liat di gambar diatas hal pertama di lakukan Cek IP Public Anda Terlihat di gambar Speedy saya 3 dan Global Extreme paling bawah 1 jadi total 4 nah bisa anda pilih salah 1 dari anda punya sendiri. Mau coba pun ip dinamic juga gpp kalo kereset sisa ganti aja lagi.

Langkah Selanjutnya Kita harus tau sistem kerja Dari IP Public Kita ke IP Local CCTV kita. IP CCTV lokal kita menggunakan port 8989 berarti IP Public kita samakan aja gunakan Port 8989 jadi di mikrotik untuk memindahkan dari IP Public ke IP local itu menggunakan dst nat.
36.75.33.xx port 8989 dst nat ke IP local 192.168.0.98 Port 8989 bisa di cek di CCTV anda IP Localnya berapa karena banyak merek CCTV jadi saya ndak kasih tutor gambar CCTV untuk cek ip lokalnya.
IP > Firewall > Nat untuk nambakan rules CCTVnya.
Pencet Kiri Atas Tanda + Untuk nambahkan Rules
Chain masukan dstnat Dst Address IP Public kita contoh di gambar kiri Protocol 6(tcp) dst portnya 8989 nah di bagian Action untuk buka ke portnya dst-nat juga ke address ip local CCTV contoh 192.168.0.98 port 8989. Tekan OK.


Tampilan Meye Pro di app Android Untuk test CCTV
Setelah Set diatas kita mau test bisa menggunakan App android Meyepro di bagian Device detail masukan IP Public kita tadi dengan portnya 8989. username pass CCTV dapat di diliat di CCTVnya..

Demikian sedikit tutorial dari saya cara setting mirkrotik CCTV warnet semoga bermamfaat. dan tidak ragu dalam membeli CCTV untuk warnet anda sendiri.