Tidak tau siapa saya ?


Booker T. Washington adalah seorang profesor dan tokoh kulit hitam di USA yang sangat terkenal sekitar tahun 1900an. Ketika ia pulang jalan kaki, seorang ibu kulit putih melihatnya dan berkata, “Pak apakah Anda mau memotong kayu bakar ini dan dapatkan upah beberapa sen?” Tanpa ragu, Booker T. Washingon menyelesaikan pekerjaan yang melelahkan itu dan memasukkan kayu ke perapian di dalam rumah. Ternyata di situ ada seorang remaja yang mengenali Booker T. Washington dan berkata pada ibu itu tentang siapa orang yang memotong kayu bakar. Sang ibu sangat terkejut dan berulang kali minta maaf. Tetapi Booker T. Washington berkata, “Tidak mengapa, saya senang melakukannya untuk seorang teman.” Ibu ini sangat terkesan, sehingga ia mengumpulkan teman-temannya yang cukup kaya untuk menyumbang ke Tuskegee University yang dipimpin oleh Booker T. Washington.

Seseorang yang yakin tentang dirinya (secure) tidak perlu membuktikan diri dengan berkata, “Apa Anda tidak tahu siapa saya?”  Melainkan ia punya rasa percaya diri sehingga tidak keberatan merendah untuk membawa orang lain ke atas. David F. Wells berkata, rendah hati tidak ada hubungannya dengan memandang rendah diri dan talenta kita secara tidak benar... Rendah hati adalah kemerdekaan dari diri sendiri, yang memampukan kita untuk berada dalam posisi di mana kita tidak mendapatkan pengakuan, tidak mendapatkan kekuasaan, dan tidak dipandang orang, bahkan mengalami kekurangan, tetapi kita memiliki suka cita dan hati yang gembira.  Rendah hati adalah kemerdekaan untuk mengerti bahwa kita bukan pusat dari tata surya, bahkan bukan juga pusat dari “tata surya pribadi” kita.

JANGAN MENDESAK UNTUK DAPAT MAJU KE DEPAN; JANGAN BICARA MANIS UNTUK BISA MENCAPAI PUNCAK. JANGAN TEROBSESI UNTUK MENDAPATKAN KEUNTUNGAN DIRI SENDIRI. LUPAKAN DIRI ANDA UNTUK DAPAT MENGULURKAN TANGAN MEMBANTU ORANG LAIN 

Penulis : Esther idayanti
image : kusmono