Beberapa Pemberian Tuhan Terbaik dari Doa yang Tidak Berbalas


Keponakan saya yang berusia 5 th sedang gencar berdoa meminta adik dan meminta agar jawabannya segera tiba, “Hmm.. mungkin 1 Juni ini,” katanya.  Ia yakin bahwa adiknya akan segera tiba, karena ia percaya dan berdoa setiap hari.  Tetapi semua orang juga tahu, bayi tidak bisa dibuat dalam waktu dua minggu atau dua bulan!  Tidak peduli betapa tulusnya doanya, tetap saja tidak bisa terkabul. Demikian juga banyak doa-doa kita yang dengan penuh iman kita naikkan, tetapi tidak juga terjawab hingga sekarang.

“NO” IS THE BEST, NOT BAD LUCK.  Saya sering berpikir, kalau saya jadi ibu dari Miley Cyrus, penyanyi muda yang semakin sukses hidupnya semakin kacau (narkoba, free sex dll), mungkin lebih baik doa saya supaya ia sukses dijawab “NO.”  Betapa sering kita tidak tahu bahaya yang mengintip di masa depan, bila semua doa kita dijawab “YES” oleh Tuhan. Ternyata “NO” adalah jawaban doa terbaik!

“NO” IS REDIRECTION, NOT REJECTION. Bila doa Anda tidak dijawab, bukan berarti Tuhan tidak peduli. Mungkin ia sedang mengarahkan Anda pada hal yang lain, yang lebih baik. Keinginan saya untuk terus tinggal di USA dan melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi dijawab “NO” oleh Tuhan. Tetapi sekarang saya tahu, kalau saya tetap di sana, saya kehilangan beberapa kesempatan untuk berkarya dan yang terpenting, bertemu dengan suami yang sekarang.

“NO” IS PREPARATION, NOT PUNISHMENT. Jangan merasa dihukum bila Anda tidak mendapatkan apa yang Anda doakan. Kadang Tuhan mempersiapkan karakter Anda melalui peristiwa ini: kesabaran, terus berharap, sikap positif, tetap percaya pada Tuhan, dll.

“NO” IS FOR GOD, NOT OUR GLORY.  Kadang Tuhan menjawab “NO” karena itulah yang akan membawa kemuliaan bagi Dia, bukan sekedar memuaskan kepentingan diri kita.

SOME OF GOD’S GREATEST GIFTS ARE UNANSWERED PRAYERS (Garth Brooks) 

Penulis : Esther Idayanti
image : tayaradio