Anda Tidak akan Memperngaruhi Dunia Dengan Menjadi Seperti Mereka.


Waktu kuliah di USA, saya tinggal di apartemen bersama kakak. Bila musim dingin tiba, saatnya perang “termostat” dimulai. Termostat adalah alat yang mengatur suhu di apartemen kami. Saya tidak tahan dingin, jadi saya naikkan termostat mendekati suhu musim panas, tetapi kakak saya turunkan lagi karena kepanasan.  Untung termostat itu tidak rusak!

Termostat berbeda dengan termometer. Termostat mengatur suhu, tetapi termometer menerima/mengukur suhu dari luar dan menyesuaikan diri dengan suhu yang ia terima. Apakah Anda seperti termostat atau termometer?  Seorang “termostat” membawa perubahan, menantang status quo, dan menginspirasi orang lain untuk maju.  Sedangkan “termometer” menyerap keadaan lingkungan, susah berkata “tidak” dan hanyut dalam tekanan sosial.

NO ATTACHMENT.
Orang yang mudah dipengaruhi orang lain biasanya karena ia tidak memiliki prinsip, nilai yang kuat, atau tujuan dalam hidupnya.  Sehingga bila ada seseorang dengan otoritas yang besar, ia cenderung mengikutinya. Dunia adalah tempat yang sulit bagi seorang “termometer” karena begitu banyak iklan di media, dan banyak pemimpin yang bicaranya cukup meyakinkan. Kata pepatah, “If you don’t stand for something, you will fall for anything.”

NO RESPONSIBILITY. 
Biasanya orang mudah dipengaruhi karena secara sadar atau tidak, ia enggan mengambil tanggung jawab, karena itu ia mengikuti orang lain.

NO CARING RELATIONSHIP. 
Orang lain terpengaruh bukan hanya oleh ide semata, tetapi karena perhatian dan kasih yang tulus. Sebuah riset mengatakan bahwa bila Anda melakukan sesuatu untuk orang lain, orang itu terdorong untuk mengembalikan kebaikan Anda. Dan bila orang itu merasa Anda memedulikan dia, maka ia akan lebih terbuka untuk percaya pada Anda, sehingga Anda dapat memberi pengaruh padanya. Be the influencer! (EI)

ANDA TIDAK AKAN PERNAH BISA MEMENGARUHI DUNIA DENGAN CARA MENJADI SEPERTI MEREKA (Unknown) 

Penulis : Esther Idayanti
Image : langevin