3 Perbedaan Sibuk Dan produktif


Kalau bertemu seseorang dan bertanya, “Apa kabar?” biasanya mereka menjawab, “Baik. Sibuk terus.” Manusia modern selalu sibuk. Terlambat makan karena sibuk. Tidak ada waktu bermain dengan anak-anak gara-gara sibuk. Tidak ada waktu membaca karena sibuk. Tetapi apakah sibuk sama dengan produktif? 
APAKAH ADA TUJUANNYA? Apa pegangan Anda: jam atau kompas? Orang sibuk berpegangan pada jam, berapa lama ia telah bekerja dan selalu terburu-buru mengejar waktu. Tetapi orang produktif memiliki kompas, alias petunjuk ke arah mana tujuannya, apa yang harus dicapai. 
APAKAH ADA HASILNYA? Orang sibuk terlihat bekerja keras, tetapi bila ditanya hasilnya, biasanya jauh di bawah apa yang diharapkan (hasil: target yang ditetapkan, jumlah penjualan, dll). Orang yang produktif memiliki daftar hal-hal yang harus dilakukan (to-do list). Mereka tahu membuat prioritas yang tepat, menetapkan standar, dan melakukannya. 
APAKAH ADA WAKTU BERPIKIR? Orang sibuk tidak ada waktu untuk berhenti dan berpikir. Padahal produktivitas membutuhkan pemikiran yang kreatif dan strategis. Inilah kesalahan terbesar para pemimpin, kadang mereka terlalu sibuk mengerjakan berbagai macam hal dan kegiatan sehari-hari, sampai lupa untuk membuat rencana, berinovasi, dan bermimpi. Tidak ada pertumbuhan dan hasil maksimal tanpa pemikiran (EI)

Produktifitas tidak terjadi dengan tidak kesengajaan, melainkan hasil dari komitmen 
perencanaan kerja dan Fokus usaha. (Paul J. Meyer)

Penulis : Esther Idayanti
image : connieragengreen