Mengapa Kita Berdoa ?


Untuk apa kita berdoa? Di bawah ini ada beberapa alasan dari berbagai kelompok:

KARENA INGIN MEMINTA SESUATU. 
Hal ini tidak salah, karena seperti anak meminta pada orang tuanya, kita meminta pada Tuhan, dan Ia senang mendengarnya. Tetapi bila itu satu-satunya tujuan kita berdoa: meminta perlindungan, bisnis lancar, badan sehat, dll, maka bila Tuhan tidak mengabulkannya, kita merasa tidak ada gunanya berdoa, karena Dia tidak mendengar, lalu kita marah kepada-Nya.  Kata Bob Gass Anda bisa mengejar tangan Tuhan dan membuat Dia menjadi sumber Anda, atau Anda bisa menjangkau hati-Nya dan membuat Dia menjadi obsesi (kerinduan) Anda. Pria dan wanita yang Ia pakai adalah mereka yang mencari Dia dengan kesungguhan.

KARENA INGIN MASUK SURGA. 
Bila masuk surga ditentukan oleh berapa sering dan lamanya kita berdoa, berarti Tuhan dapat diatur oleh absensi kita. Seorang yang paling saleh pun tidak dapat dapat berkata "Aku layak masuk surga" karena seberapa banyak perbuatan baik kita, manusia masih juga ternoda oleh dosa. Hanya kasih karunia dan kebaikan Tuhan semata yang membuka jalan bagi kita ke surga.

KARENA PERLU DIANGGAP SALEH. 
Ini namanya bukan berdoa, tetapi pencitraan.

KARENA INGIN MENGENAL TUHAN. 
Kita berdoa karena kita ingin mengenal Dia, mengetahui jalan-jalan-Nya, mendengar suara-Nya, supaya kita bisa menerapkannya dalam hidup kita. Tuhan rindu mengobrol dengan Anda dalam doa. Dan Ia ingin memberi diri-Nya dekat bagi Anda,  karena hanya dengan demikian Anda bisa mendapatkan suka cita dan damai yang sejati (EI).

ADA PERBEDAAN ANTARA MENGENAL TUHAN & MENGETAHUI HAL-HAL TENTANG TUHAN. KATAKAN KERINDUAN HATI ANDA HARI INI "AKU INGIN MENGENAL-MU, TUHAN." 

Penulis : Esther Idayanti
image : grtl.org