Memahat Gunung


Mount Rushmore di USA menjadi salah satu tempat terunik di dunia yang menarik 3 juta turis setiap tahun. Di gunung batu itu dipahat wajah-wajah pendiri dan presiden Amerika. Pahatan itu dibuat selama 14 tahun oleh bapak dan anak, Gutzon and Lincoln Borglum, dan selesai tahun 1941. Memahat wajah presiden di sebuah kayu mungkin bisa diselesaikan dalam waktu satu bulan. Tetapi bila ingin melakukan sesuatu yang besar seperti memahat Mt. Rushmore, dibutuhkan waktu lama, serta menanggung berbagai tantangan seperti panas terik, hujan badai, keadaan bahaya di tebing dll.

SADARI SEMUA BUTUH PROSES. Membangun sesuatu dalam bisnis, karir, pernikahan, dan hidup ini membutuhkan ketahanan jangka panjang. Sukses instan memang menggoda, apalagi bila dipromosikan "tanpa susah payah." Diet cepat tanpa lapar. Kaya tanpa kerja keras. Siapa yang tidak mau? Tetapi sukses dengan cara ini tidak bertahan kokoh, karena biasanya semua butuh proses, dan proses yang paling sulit adalah mengubah sikap dan pandangan kita sendiri. Sampai kita memiliki sikap dan pandangan yang tepat, baru sukses bisa menetap.

FOKUS PADA VISI. Visi (impian) menjadi alasan kuat seseorang melakukan sesuatu. Orang bisa datang dan pergi, pemimpin berganti, zaman berubah, tetapi bila kita melakukannya karena visi dari Tuhan, kita akan bertahan tak peduli tantangan dan perubahan. Jangan kehilangan visi Anda, tetap fokus. Bila visi hilang, tantangan yang kecil pun menjadi alasan untuk berhenti. Padahal bila ingin berhasil, kita perlu terus berjuang (EI).

KETANGGUHAN BUKAN HANYA KEMAMPUAN UNTUK MENANGGUNG HAL YANG SULIT, TETAPI MENGUBAHNYA MENJADI KEMULIAAN (William Barclay)  

Penulis : Esther Idayanti
Image by : bagasramadhan7.wordpress.com