Kesombongan adalah menganggap kita bisa hidup tanpa Tuhan


SPIRITUALITY WITHOUT GOD? (Book Review)

“The Secret” termasuk daftar buku terlaris dunia yang direkomendasikan oleh Oprah Winfrey, di samping buku karangan Eckhard Tolle “A New Earth” dan “The Power of Now”.  Walaupun menarik, ada hal yang perlu dicermati:

THE LAW OF ATTRACTION.  Menurut buku “The Secret,” Anda bisa mendapatkan apa saja yang Anda inginkan dalam hidup ini (kekayaan, kesehatan, karir yaang sukses, pasangan yang sempurna, dll) bila Anda memfokuskan diri untuk mendapatkannya, atau “the law of attraction.” “Alam semesta mendukung saya dalam segala yang saya lakukan. Alam semesta memenuhi segala kebutuhan saya segera.” Seharusnya, hidup kita tidak berpusat pada diri sendiri, melainkan berfokus pada Tuhan.  Tuhan memang ingin membahagiakan kita dengan memberi hal-hal yang kita inginkan, tetapi Ia pasti sedih bila manusia memilih untuk mengejar hal tersebut lebih dari Tuhan. Hidup tidak berputar di sekitar saya dan semua yang saya inginkan, melainkan pada Tuhan dan melakukan kehendak-Nya.

GOD VS. NO GOD. Buku “The Secret” menolak ide Tuhan sebagai sebuah pribadi yang berkuasa. Menurutnya, Tuhan adalah sebuah energi. Lebih jauh, kita adalah inkarnasi dari Tuhan. Kita adalah Tuhan kita sendiri, dapat menciptakan realita untuk kita sendiri. Dan Eckhard Tolle mengatakan “all is one and all is god.” Kedua pendapat ini sejalan dengan New Age spirituality . Tapi coba pikirkan, bila alam semestalah yang menyediakan semuanya, lalu siapa pencipta alam semesta?

NO GOOD OR BAD? Bila tidak ada Tuhan, maka tidak ada sumber moral yang absolut. Eckhard Tolle berkata, "Baik dan buruk adalah label mental yang berupa ilusi. Tidak ada perbedaan antara baik dan buruk." Kenyataannya dalam hatinya manusia tahu baik dan buruk karena Tuhan menanamkan nurani. Teliti sebelum memercayai (EI)

KESOMBONGAN ADALAH MENGANGGAP KITA BISA HIDUP TANPA TUHAN. DOSA ADALAH SAYA (BUKAN TUHAN) ADALAH BOSS ATAS HIDUP SAYA 

Penulis : Esther Idayanti
Image : ransomedbeggar.wordpress