Kepemimpinan dan pemecahan masalah

Seberapa besar kepemimpinan Anda, dan seberapa tinggi Anda bisa terbang tergantung seberapa kuat Anda bisa mengatasi hal-hal yang mengganggu Anda.  Bila hal-hal sepele bisa membuat Anda terganggu, hilang fokus, atau kesal, maka sudah dapat dipastikan Anda tidak dapat melalui hal-hal yang lebih besar dari itu. Makin tinggi seseorang dalam karier dan kepemimpinannya, makin besar dan banyak masalah yang harus ditanganinya.  
Jendral Colin Powell berkata, “Kepemimpinan adalah menyelesaikan masalah. Di hari para tentara berhenti membawa masalah mereka kepada Anda, hari itu Anda telah berhenti menjadi pemimpin mereka. Entah mereka kehilangan kepercayaan bahwa Anda dapat membantu, atau menganggap bahwa Anda tidak peduli. Keduanya adalah kegagalan dalam kepemimpinan.” Jadi keterampilan dan keteguhan dalam menangani masalah adalah aset penting dalam kepemimpinan Anda. Beberapa tips:

KOMUNIKASI TERBUKA. 
Seorang pemimpin harus bisa membuka kesempatan bagi setiap orang untuk berbicara tanpa merasa takut. Hanya dengan komunikasi yang jujur masalah yang sebenarnya bisa ditemukan. Pada intinya, menyelesaikan masalah adalah membuat orang bekerja sama untuk membuat organisasi menjadi lebih baik dan klien mendapatkan pelayanan lebih baik. Untuk itu perlu zona aman bagi setiap orang yang terlibat untuk mengekspresikan pandangannya (EI).  

LIHAT SECARA MENYELURUH. 
Jangan melihat sebuah masalah dari satu sudut pandang saja (sudut pandang Anda), melainkan pertimbangkan segala aspek dan periksa apa yang menjadi inti persoalan. Undang orang-orang yang berpikiran terbuka untuk memberikan pendapatnya.

LIHAT MASALAH SEBAGAI SEBUAH KESEMPATAN 
untuk sebuah perbaikan, bukan sebuah gangguan. “Pemimpin yang sukses melihat kesempatan di setiap kesulitan, bukan melihat kesulitan dalam setiap kesempatan,” kata Reed Markham.

BAGAIMANA ANDA BERPIKIR TENTANG SEBUAH MASALAH ITU LEBIH PENTING DARI MASALAH ITU SENDIRI, JADI BERPIKIRLAH POSITIF (Norman Vincent Peale) .
http://en.wikipedia.org/wiki/Norman_Vincent_Peale
Penulis : Esther Idayanti
Image by asf.org